Sentani (ANTARA) - Sebanyak 90 atlet disabilitas akan mengikuti Pekan Paralimpik Pelajar Provinsi (Peparpeprov) Papua 2022 yang akan berlangsung di Stadion Lukas Enembe dan venue Aquatik, Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura, pada Kamis (23/6).

Sekretaris Dinas Olahraga dan Pemuda Papua Rivo Manangsang, di Sentani, Rabu, mengatakan 90 atlet tersebut berasal dari tujuh daerah yakni Kota dan Kabupaten Jayapura, Merauke, Jayawijaya, Mamberamo Tengah, Keerom dan Yahukimo.

"Ada penambahan atlet dari Kabupaten Biak Numfor pasca dilakukan Musyawarah Olahraga Provinsi (Musorprov) beberapa waktu lalu di wilayah tersebut," ujarnya.

Dia menjelaskan para atlet yang mengikuti Peparpeprov Papua berusia 17 tahun ke bawah di mana iven bagi atlet disabilitas antara pelajar tersebut akan mempertandingkan dua cabang olahraga yakni renang dan atletik.

"Iven ini direncanakan akan berlangsung selama satu hari di mana semua akan di gelar di Stadion Lukas Enembe dan venue Aquatik," katanya lagi.

Sementara itu, Ketua National Paralympic Committee (NPC) Papua Jaya Kusuma mengatakan pihaknya akan memantau potensi dari para atlet pada iven Peparpeprov untuk direkrut guna mengikuti Pekan Paralimpik Pelajar Nasional di Palembang 2023.

"Nanti setelah direkrut kami akan bina selama setahun supaya persiapan menuju Peparpenas lebih baik," katanya.

Sekadar untuk diketahui pembukaan Peparprov Papua 2022 secara resmi dibuka Sekretaris Dinas Olahraga dan Pemuda Papua Rivo Manangsang di venue Aqutik, pada Rabu (22/6).

Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Hendrina Dian Kandipi
Copyright © ANTARA 2024