Wamena, Papua (ANTARA) - Bupati Jayawijaya, Provinsi Papua, Jhon Richard Banua mengingatkan tenaga kesehatan (nakes) yang ditempatkan di seluruh Puskesmas di kabupaten itu agar selalu berada di tempat tugas.

Jhon Richard Banua di Wamena, Selasa, tidak mengharapkan petugas hanya hadir di tempat tugas ketika bupati hendak melakukan kunjungan kerja ke distrik dan kampung.

"Saya sering ke distrik tanpa memberitahukan ke kepala distrik atau petugas kesehatan yang ada di sana dan melihat petugas kita selalu ada," katanya.

Jhon memastikan selalu melakukan perputaran petugas agar mereka tidak bosan dan tetap melayani masyarakat.

Bupati memastikan pelayanan kesehatan di distrik-distrik perbatasan antar kabupaten juga dipantau, layaknya di pusat kota.

"Jadi semua ring di luar Kota Wamena semua sudah ter-akses dengan petugas yang ada, saya kira dimana ada Puskesmas pasti ada petugas kami ditempat," katanya.

Jhon memastikan dari kunjungan kerja ke kampung, ia mendengarkan aspirasi masyarakat terhadap pelayanan baik di distrik maupun Puskesmas.

"Kalau masyarakat menyatakan tidak ada pelayanan maka itu perlu dibuktikan, dengan cara memanggil kepala Puskesmas, kepala distrik untuk mengkonfirmasi semua itu. Ini diharapkan agar pelayanan kesehatan berjalan," katanya.

Pewarta : Marius Frisson Yewun
Editor : Hendrina Dian Kandipi
Copyright © ANTARA 2024