Jayawijaya, Papua (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Jayawijaya Provinsi Papua mendukung pembukaan posko vaksinasi COVID-19 oleh pihak Bandar Udara Wamena untuk memudahkan warga memenuhi syarat perjalanan yaitu vaksinasi COVID-19 booster.

Kepala Dinas Kesehatan Jayawijaya dokter Willy Mambieuw di Wamena, Jumat, mengatakan langkah itu akan membantu mempercepat cakupan vaksinasi yang masih rendah.

"Memang cakupan vaksinasi belum memberikan hasil signifikan sebab dari sasaran target yang ingin dicapai, masih belum setengahnya tercapai," katanya.

Dengan adanya lonjakan kasus COVID-19 di luar Jayawijaya, pihaknya tetap mengantisipasi agar tidak terjadi di Jayawijaya.

"Khusus bagi teman-teman di layanan primer, kami harap tetap menjalankan vaksinasi, sosialisasi, penyuluhan ke masyarakat tentang pentingnya vaksinasi ini," katanya.

Sebelumnya Kepala Unit Pelaksana Bandar Udara (UPBU) Wamena, Faisal Marasabessy mengatakan pihaknya akan memberlakukan pemeriksaan vaksinasi COVID-19 booster bagi calon penumpang mulai 17 Juli 2022.

"Yang telah mendapatkan vaksinasi COVID-19 dosis ketiga atau booster tidak wajib menunjukkan hasil negatif tes PCR atau antigen," katanya.

Faisal menambahkan untuk memudahkan calon penumpang mengikuti persyaratan itu, pihak bandara membuka posko vaksinasi COVID-19.

"Kami akan bekerja sama dengan sejumlah instansi terkait membuka posko layanan vaksinasi COVID-19 di Bandara Wamena. Seluruh masyarakat yang ingin mendapatkan vaksin COVID-19, baik dosis pertama hingga ketiga bisa dilayani. Posko ini dibuka 11 Juli 2022 hingga sebulan lamanya," katanya.

Pewarta : Marius Frisson Yewun
Editor : Hendrina Dian Kandipi
Copyright © ANTARA 2024