Jayapura (ANTARA) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Jayapura memberikan bantuan bibit padi kepada kelompok tani pada empat distrik di wilayah tersebut.

Anggota Komisi B DPRD Kabupaten Jayapura Rasino dalam siaran pers yang diterima Antara di Jayapura, Jumat, mengatakan empat kelompok tani yang menerima bantuan tersebut tersebar di Distrik Kemtuk Gresi, Namblong, Nimboran dan Distrik Nimbokrang.

"Selain bibit padi kami juga beri bibit sayur mayur serta peralatan pendukung tanaman pertanian seperti hand traktor (Kultifator) dan pupuk tanaman," katanya.

Menurut Rasino, bantuan yang diberikan ini berupa bibit padi unggulan kualitas IR 64 sebanyak 21 karung, empat kultivator unit dan bibit sayuran tiga karton.

"Ini bagian dari pemicu serta motivasi bagi para petani kita untuk kembali ke lahan pertanian mereka," ujarnya.

Dia menjelaskan wilayah pembangunan III Kabupaten Jayapura sebagian masyarakat bekerja sebagai petani di mana lahan pertanian ratusan hektar tersebut tidak dikelola dengan baik karena minim fasilitas pendukung juga minim bibit tanaman serta kurangnya tenaga penyuluh pertanian.

"Tenaga penyuluh sangat penting ketika fasilitas pendukung dan lahan tersedia namun tanpa pendampingan yang rutin maka petani juga tidak bisa berbuat banyak," ujarnya lagi.

Dengan demikian pihaknya berharap dengan adanya bantuan fasilitas dan prasarana pertanian yang diterima oleh kelompok tani timbul gerakan kembali ke lahan pertanian sehingga ada harapan untuk peningkatan ekonomi keluarga.

Sekadar untuk diketahui pemberian bibit padi dan sayur mayur serta peralatan pendukung tanaman pertanian merupakan bagian dari pokok pikiran anggota DPRD Kabupaten Jayapura Rasino dari wilayah pembangunan III bumi 'kenamabi umbai' tersebut.

Pembagian peralatan dan sarana pertanian tersebut diberikan secara langsung oleh Rasino kepada sejumlah kelompok tani di Kampung Yakotim, Distrik Namnlong pada Kamis (21/7).

Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Hendrina Dian Kandipi
Copyright © ANTARA 2024