Jayapura (ANTARA) - Prajurit Kodim 1715 Yahukimo (Yhk) telah mendampingi para petani menanam padi di Dekai, Kabupaten Yahukimo, Provinsi Papua.
 
Komandan Kodim 1715/Yahukimo Letkol Inf Johanis V. Tethool, Senin, di Dekai mengatakan pihaknya beserta jajaran mendukung program ketahanan pangan yang dilakukan Pemkab Yahukimo.
 
“Kami siap memberi pendampingan kepada kelompok tani sebagai wujud dukungan TNI dalam program ketahanan pangan nasional, khususnya kepada Pemkab Yahukimo,” tegasnya.
 
Ia mengatakan prajurit siap memberikan dukungan, termasuk berupaya membantu sesuai kemampuan terutama mengatasi kendala yang dialami petani dalam berkoordinasi dengan instansi terkait.
 
Ia mengatakan target penanaman padi akan dilakukan di atas lahan seluas 60 hektare, namun untuk tahap awal sekitar 30 hektare yang diharapkan akan memenuhi kebutuhan pangan di Kabupaten Yahukimo.
 
"Mudah-mudahan ke depan Kabupaten Yahukimo dapat memenuhi kebutuhan pangan secara mandiri," katanya.
 
Bupati Yahukimo Didimus Yahuli mengatakan penanaman padi akan menjadi contoh bagi distrik lainnya sehingga nanti dapat memenuhi kebutuhan beras dan beras yang dipasok dari luar daerah akan berkurang.
 
Untuk itu, papar dia, masyarakat yang menanam padi agar tidak ragu meminta saran kepada penyuluh pertanian agar hasilnya memuaskan.
 
Dengan semakin banyaknya lahan yang ditanami padi, ujarnya, maka harus disiapkan gudang penampungan, sedangkan lahan persawahan di Dekai terletak di Kampung Muara.


 
 
 
 

Pewarta : Evarukdijati
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024