Jayapura (ANTARA) - Kementerian Komunikasi dan Informatika mendorong Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) di Jayapura, Papua berlangsung  Rabu 24 Agustus 2022 ditargetkan menyasar para usaha, mikro, kecil, dan menengah masuk ke pasar digital sehingga menjadi penggerak perekonomian digital Indonesia.

"Saat ini kekuatan ekonomi nasional Indonesia itu justru masih ada di koperasi dan UMKM, yang menopang lebih dari 60 persen perekonomian nasional,"ujar Staf Khusus Menteri Komunikasi dan Informatika Bidang Komunikasi Politik Philip Gobang di Jayapura, Selasa.

Ia menyebut, kalau UMKM bisa memastikan pelaku usaha masuk ke digital, kekuatan ekonomi digital Indonesia pada masa depan akan besar sekali prospek pemasaran hasil produksinya.

"Sampai saat ini, berdasarkan data dari aptika.kominfo.go.id, sudah lebih dari 5.000 menara base tranceiver station (BTS)  telah dibangun di Papua,"ujar Phillip saat meninjau persiapan Gernas BBI di Gelanggang Olah Raga (GOR) Cenderawasih Jayapura.

Menurut Phillip, membangun infrastruktur digital di Papua ini mempunyai tantangan (risiko) yang tidak kecil di antaranya segi geografis di Papua ada gunung dan lembah, serta jaraknya jauh sehingga menggunakan angkutan pesawat dan juga  dari sisi keamanan menjadi  tantangan di Papua.

"Presiden Republik Indonesia Joko Widodo memerintahkan pembangunan infrastruktur digital itu untuk tetap berlanjut, pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika memastikan di wilayah Papua, Papua Barat, dan seluruh provinsi yang ada di Pulau Papua dalam dua tahun ke depan mesti bisa terhubung dengan jaringan internet,"ujarnya.

Philip mengharapkan, Kementerian Kominfo pada 2023 berkeinginan mengorbitkan Satelit Republik Indonesia (Satria) agar akses internet pada masa yang akan datang bisa langsung terhubung lewat satelit dengan kendali utamanya disiapkan di kawasan Cikarang, Jawa Barat.

"Investasi ekosistem digital  begitu besar agar akses internet berbasis 4G misalnya yang dibangun sekarang. Kalau itu tidak dimanfaatkan untuk kepentingan ekonomi sosial ekonomi masyarakat, bisa menjadi sia-sia infrastruktur itu," kata Phillip.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Gernas BBI sasar UMKM jadi penggerak perekonomian digital

Pewarta : Abdu Faisal
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024