Sentani (ANTARA) - Dinas Olahraga dan Pemuda (Disorda) Provinsi Papua mengambil kebijakan untuk melibatkan atlet yang berprestasi pada ajang Pekan Olahraga Pelajar Provinsi (Popprov) II Papua 2022, dalam program Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar atau PPLP.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Provinsi Papua Alexander Kapisa di Sentani, Sabtu, mengatakan ajang Popprov II juga bertujuan melahirkan atlet berprestasi untuk mengikuti seleksi Pra Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) di Palu, Sulawesi Tengah pada November 2022.

Menurut Kapisa, selain untuk diikutkan pada Pra Popnas dan PPLP para atlet berbakat tersebut juga akan dilibatkan pada program Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar Daerah (PPLPD).

"Hal itu karena tidak lama lagi Papua menjadi provinsi olahraga sehingga pembinaan atlet pada jenjang pelajar harus dilakukan dari sekarang," katanya saat menutup Popprov II Papua di Lapangan Latihan Stadion Lukas Enembe, Sentani, Sabtu.

Dia menjelaskan pihaknya berharap para atlet yang telah berprestasi pada ajang Popprov bisa terlibat secara aktif dalam program PPLP dan PPLPD.

Dia menambahkan dengan dukungan fasilitas olahraga yang ada di Papua saat ini dapat membuat para atlet khususnya di pelajar lebih semangat dan termotivasi guna meningkatkan kemampuan pada masing-masing cabang yang dikuasai.

"Ini adalah kesempatan untuk adik-adik terus berprestasi dan menuju ke sana kesempatan masih sangat terbuka maka terus semangat berlatih supaya bisa mengharumkan nama Papua di level nasional maupun internasional," ujarnya.

Popprov II Papua berlangsung sejak 12-17 September 2022 dengan mempertandingkan delapan cabang olahraga dan sebanyak 540 atlet mengikuti ajang tersebut.




Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024