Jayapura (ANTARA) - Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua mulai melalukan pendataan awal Registrasi Sosial Ekonomi atau Regsosek pada 15 Oktober 2022 hingga 14 November 2022.

Kepala BPS Kabupaten Jayapura Marcus Tuange dalam siaran pers yang diterima Antara di Jayapura, Senin, mengatakan pelaksanaan Regsosek bertujuan untuk penguatan data agar implementasi program pemerintah dalam memberikan bantuan sosial kepada masyarakat tepat sasaran.

"Pelaksanaan Regsosek merupakan titik utama dari perjalanan panjang kami untuk meningkatkan kesejahteraan bangsa," katanya.

Menurut Tuange, pemerintah sudah mengambil langkah dalam memberikan perlindungan sosial seperti bantuan sosial (Bansos) bagi masyarakat dan salah satu cara untuk memperkuat program itu melalui pelaksanaan Regsosek.

"Sehingga pelaksanaan pendataan awal Regsosek yang pertama ialah proses pemutakhiran data agar bisa lengkap dan memiliki tingkat akurasi yang tinggi," ujarnya.

Dia menjelaskan dalam pelaksanaan pendataan awal Regsosek pada 15 Oktober 2022 pihaknya akan mengerahkan 267 orang meliputi petugas lapangan sebanyak 190 orang, petugas pengawas lapangan 54 orang, koordinator distrik 18 orang dan instruktur daerah lima orang.

"Untuk pelatihan bagi infrastruktur daerah dilaksanakan di BPS Provinsi Papua berlangsung pada 21-23 September 2022 sementara untuk tahapan perekrutan petugas kami sudah mulai pada (15/9) namun ada beberapa distrik yang mengalami kekurangan petugas dan kami akan minta dari masing-masing kampung menyiapkan sumber daya manusia guna dilatih sebagai petugas pendataan awal Regsosek," katanya lagi.

Dia menambahkan untuk pelatihan bagi petugas lapangan akan dilakukan selama tiga hari sejak 3-6 Oktober 2022 kemudian diharapkan para petugas tersebut turun ke lapangan pada 15 Oktober hingga 14 November 2022.

Dengan demikian pihaknya berharap masyarakat dapat menerima kehadiran petugas saat turun ke lapangan untuk melakukan pendataan awal Regsosek.

"Selain itu kami juga berharap agar masyarakat di daerah dapat memberikan jawaban yang sejujurnya kepada petugas kami di lapangan," katanya lagi.

BPS Kabupaten Jayapura telah melakukan rapat koordinasi pelaksanaan pendataan awal Regsosek bersama pemda setempat dengan unsur terkait di Sentani, Kabupaten Jayapura pada, Rabu 21 September 2022.

Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024