Jayapura (ANTARA) -
Pemerintah Provinsi Papua melalui Dinas Komunikasi dan Informatika setempat terus mendorong adanya komunitas masyarakat peduli dengan literasi digital sehingga memberikan edukasi kepada masyarakat bagaimana bermain media sosial yang sehat di Bumi Cenderawasih.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Papua Jeri Yudianto di Jayapura, Kamis mengatakan literasi adalah bagian yang penting bagi masyarakat seluruh Indonesia khususnya di Papua, untuk itu pihaknya bersama pusat terus melakukan edukasi bersama para pemuda setempat.
 
"Seperti beberapa waktu lalu kami melakukan literasi digital di Kampung Engga dan Tobati Kota Jayapura, serta beberapa sekolah lainnya baik tingkat SMP ataupun SMA serta serta pemuda Papua," katanya.
 
Menurut Jeri, literasi digital merupakan program unggulan Diskominfo agar komunitas masyarakat peduli literasi digital ini bisa hadir di Papua.
 
"Kami juga berencana akan melakukan literasi digital di Kabupaten Kepulauan Yapen dan Sarmi dengan sosialisasi literasi digital tersebut akan menjaga ruang digital di Papua," ujarnya.
 
Dia menjelaskan dengan terbentuknya komunitas tersebut maka diharapkan dapat mempengaruhi ke para pemuda lainnya sehingga pemuda di Papua dapat memilah informasi yang masuk baik pemberitaan maupun melalui media sosial.
 
"Dengan begitu masyarakat Papua ke depannya lebih selektif dalam mengakses pemberitaan maupun bermain media soal apakah informasi tersebut benar atau bohong," katanya lagi.

Dia menambahkan dengan peningkatan literasi bagi masyarakat Papua juga diharapkan berdampak untuk kualitas Indeks Pembangunan Manusia (IPM).
 
Sekadar diketahui Papua masih peringkat terbawa angka IPM di seluruh Indonesia hingga akhir 2021 hanya 60,62.

Pewarta : Qadri Pratiwi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024