Biak, Papua (ANTARA) - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) menyatakan warga di Kabupaten Biak Numfor, Provinsi Papua bersiap akan menerima program siaran TV digital secara nasional tahap tiga pada November 2022.

"Berdasarkan jadwal pada November layanan TV digital untuk Biak bersamaan dengan kabupaten lain di Papua," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Diskominfo Biak, Mukhlis Salepu menjawab ANTARA di Biak, Senin.

Ia menjelaskan siaran TV digital menggunakan modulasi sinyal digital dan sistem kompresi akan menghadirkan kualitas gambar yang lebih bersih, suara yang lebih jernih dan berteknologi canggih.

"Dalam masa peralihan ke siaran TV digital, masyarakat tetap bisa menonton siaran TV analog namun sangat dianjurkan untuk mulai merubah tangkapan sinyal antena di rumah dari siaran analog ke digital," katanya.

Berdasarkan jadwal siaran TV digital dari Kementerian Kominfo pada November 2022 selain Biak, Kabupaten Merauke, Jayawijaya, Yahukimo, Mamberamo Raya, Mamberamo Tengah dan Kabupaten Yalimo.

Sedangkan daerah lain siaran TV digital di Papua yakni Kabupaten Mimika, Kabupaten Nabire, Kabupaten Biak Numfor dan Kabupaten Supiori

Disebutkan Mukhlis, siaran TV digital menggunakan modulasi sinyal digital.

"Serta sistem kompresi akan menghadirkan kualitas gambar yang lebih bersih, suara yang lebih jernih dan berteknologi canggih,"ujarnya.

Disinggung pembagian seatbox digital, menurut dia, pihaknya hingga saat ini masih menunggu pengiriman.

Dalam masa peralihan ke siaran TV digital, masyarakat tetap bisa menonton siaran TV analog namun sangat dianjurkan untuk mulai merubah tangkapan sinyal antena di rumah dari siaran analog ke digital, demikian Mukhlis Salepu.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024