Biak (ANTARA) - Staf Ahli Gubernur Papua Bidang Pengembangan Otonomi khusus Provinsi Papua Cyfrianus Yustus Mambay menyebut atlet penyandang disabilitas di Tanah Papua binaan National Paralympic Committe Of Indonesia (NPCI) Provinsi Papua sudah berprestasi nasional hingga go internasional.

"Pemprov Papua memberikan apresiasi atas keberhasilan atlet NPCI Papua meraih juara umum Peparnas XVI Papua 2021 dan ASEAN Para Games 2022 di Surakarta Indonesia," ujar Staf Ahli Gubernur Papua C.Yustus Mambay menyampaikan pesan Gubernur Lukas Enembe pada pelantikan pengurus NPCI Papua di Biak, Jumat.

Ia mengharapkan berbagai prestasi atlet disabilitas NPCI Papua itu dapat terus ditingkatkan di bawah kepengurusan Ketua Jayakusuma pada periode 2022-2027.

Ia mengakui tantangan membina atlet disabilitas Papua membutuhkan pendekatan khusus karena masih adanya perbedaan pandangan di lingkungan keluarga.

Strategi pembinaan yang dilakukan NPCI Papua, dinilai Yusutus, sangat menyentuh dan melayani dengan kasih para atlet disabilitas di Papua.

Yustus mengatakan, jajaran pemerintah Provinsi Papua sangat berterima kasih atas keberhasilan NPCI Papua karena telah membuat banyak prestasi kepada atlet disabilitas di Tanah Papua.

Sementara itu, Ketua National Paralympic Committe Of Indonesia (NPCI) Papua H.Jayakusuma mengharapkan dukungan pemerintah daerah untuk terus membina potensi atlet disabilitas Papua.

"NPCI Provinsi Papua tidak bisa sendiri meningkatkan prestasi atlet disabilitas karena sangat butuh dukungan pemda setempat,"harap Jayakusuma.

Ketua NPCI Jayakusuma menyebut, sebagai contoh keberhasilan atlet disabilitas Papua yang berhasil menyumbang 33 medali, 12 di antaranya medali emas pada ASEAN Para Games ke-11 di Solo sebagai bukti nyata peningkatan prestasi atlet di kejuaraan internasional.

"NPCI Papua berterima kasih kepada pemerintah Provinsi dan Gubernur Papua Lukas Enembe yang telah memberikan perhatian khusus atlet disabilitas Papua pada Peparnas XVI Papua 2021 dengan menyediakan bonus Rp1 miliar kepada atlet peraih medali emas.

Kepengurusan NPCI Papua periode 2022-2027 yang diketuai H. Jayakusuma, Sekretaris E.Belau dan Bendahara NT Rumbewas dilantik Ketua Umum NPCI Senny Marbun di Kabupaten Biak Numfor, Jumat.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024