Jayapura (ANTARA) - Mahasiswa di tiga program studi pada Fakultas Ilmu Sosial Politik (Fisip) Universitas Cenderawasih (Uncen) Jayapura, Papua, belajar menulis feature dan literasi digital.

Mahasiswa di tiga program studi tersebut yakni Program Studi Kesejahteraan Sosial, Ilmu Pemerintahan dan Program Studi Administrasi Publik.

Sekretaris Jurusan Sosiologi Fisip Uncen Alfred Padwa dalam siaran pers yang diterima di Jayapura, Jumat, mengatakan dengan adanya kegiatan tersebut akan memacu para mahasiswa untuk menulis tentang hal yang menarik selama mengikuti praktikum atau kuliah kerja lapangan (KKL) atau kuliah kerja nyata (KKN) di kampung-kampung.

"Sehingga kami berikan apresiasi kepada para pihak yakni media Ligakampus.id bersama pegiat teknologi informasi yang sudah melaksanakan kegiatan ini," katanya.

Literasi menulis dan literasi digital merupakan rangkaian kegiatan dari Road to Festival Jurnalis Pelajar Nusantara Pertama di Provinsi Papua yang dilakukan media Ligakampus.id bersama pegiat teknologi informasi ke sekolah-sekolah dan kampus di Bumi Cenderawasih.

Sementara itu, Ketua Program Studi Kesejahteraan Sosial, Fitrine Abidjulu mengatakan bahwa literasi sangat penting, terutama literasi menulis dan pengenalan digital melalui penggunaan media sosial yang baik dan benar kepada para mahasiswa yang ada di Kampus Fisip Uncen.

Menurut Fitrine, mahasiswa tidak terlepas dari pekerjaan menulis, karena selalu bersentuhan dengan tugas-tugas yang diberikan oleh para dosen dalam setiap perkuliahan yang diajarkan.

“Banyak kami temukan plagiat dalam tugas-tugas mahasiswa oleh karena itu literasi menulis ini penting bagi para mahasiswa, sehingga bisa menganalisis dan menulis dalam setiap tugas yang diberikan," katanya.

Hal tersebut kata dia, dalam rangka mencegah plagiat yang dilakukan oleh para mahasiswa dalam menulis tugas makalah, skripsi dan tugas lainnya.

Dia menambahkan pihaknya berharap dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan kompetensi di bidang menulis dan bisa membantu dalam penulisan-penulisan tugas ke depan yang diberikan dosen.

Founder Ligakampus.Id, Musa Abubar mengatakan saat ini pihaknya telah mengunjungi tujuh sekolah yang ada di Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura dan Kabupaten Keerom.

"Kali ini kami menyapa mahasiswa Fakultas Fisip Universitas Cenderawasih sebagai kampus pertama dilakukan kegiatan literasi menulis dan literasi digital," katanya.

Dia mengatakan pihaknya berharap kegiatan tersebut tidak sampai di sini tetapi bisa berlanjut ke masing-masing program studi yang ada di Fisip Uncen dalam rangka meningkatkan kompetensi para mahasiswa di bidang menulis.

"Ke depan kami akan lakukan pendampingan untuk mengajak para mahasiswa menulis, sehingga bisa menulis tentang kehidupan yang ada di sekitar dan dapat membangun budaya literasi di bidang menulis," ujarnya.

Belajar menulis feature dan literasi digital bagi puluhan mahasiawa pada tiga prodi Fakultas Fisip Uncen berlangsung di ruang kuliah Program Studi Kesejahteraan Sosial di Waena, Kota Jayapura, Kamis (13/10).

Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024