Jayapura (ANTARA) -
Koramil 1708-02/Bu-Warsa mengimbau masyarakat menjaga kelestarian kearifan lokal dan budaya yakni tradisi "antar mas kawin" di Kampung Maniri, Distrik Warsa, Kabupaten Biak Numfor, Papua, Selasa.
 
Babinsa Posramil 1708-02/Bu-Warsa Sertu Abdullah dalam siaran pers Penerangan Kodim Biak Numfor di Jayapura, Selasa, mengatakan nusantara mempunyai beragam suku, budaya, adat istiadat dan agama, namun dalam toleransinya selalu melekat dengan kental juga erat di dalam jiwa sanubari setiap insan.
 
"Kami mengawal pelaksanaan acara adat antar mas kawin dari Keluarga Marin di Kampung Maniri yang diantar dengan arak-arakan sambil berjalan kaki ke Keluarga Msiren di Kampung Yeruboi ," katanya.
 
Menurut Abdullah, pihaknya mengawal kegiatan tersebut untuk menjaga adat istiadat masyarakat setempat agar selalu lestari.
 
 "Hal inilah yang merupakan bentuk wujud kemanunggalan serta keakraban TNI dan masyarakat dalam menjaga kearifan lokal dan budaya," ujarnya.
 
Dia menjelaskan tradisi "antar mas kawin" ini merupakan salah satu tradisi penting masyarakat di Papua, yang mana berupa tradisi pengantaran atau pembayaran mahar dalam bentuk piring-piring adat dan benda adat lainnya kepada pihak keluarga perempuan di mana dilaksanakan bersama seluruh keluarga juga keluarga terkait.
 
"Hingga kini semua pelaksanaan berjalan lancar tidak ada gangguan," katanya lagi.
 
Dia menambahkan dengan kegiatan ini dapat memupuk rasa persaudaraan, kekompakan dan rasa kebersamaan dalam melestarikan juga menjaga budaya adat istiadat sehingga hal tersebut tidak dengan mudah termakan zaman tetapi akan selalu lestari hingga generasi penerus selanjutnya.
 

Pewarta : Qadri Pratiwi
Editor : Hendrina Dian Kandipi
Copyright © ANTARA 2024