Jayapura (ANTARA) - Komandan Korem 172/PWY Brigjen TNI. J.O Sembiring selaku Komandan Komando Pelaksana Operasi (Kolakops) memimpin serah terima Satuan Tugas (Satgas) Pengamanan Wilayah Perbatasan RI-PNG pada Jumat (21/10).
 
Serah terima yang dilaksanakan dari Satgas Yonif 126/KC dan Yonif 711/RKS kepada Yonif 132/BS dan Yonif 143/TWEJ berlangsung di Makorem 172/PWY Abepura, Kota Jayapura.
 
Danrem 172/PWY Brigjen TNI JO Sembiring di Jayapura, Jumat, mengatakan pihaknya mengharapkan batalyon yang akan bertugas di perbatasan RI-PNG dapat melaksanakan tugasnya sebaik mungkin. 
 
“Berbagai hal yang disampaikan satgas purna tugas termasuk kendala yang dihadapi selama melaksanakan tugas sangatlah penting untuk diketahui hingga dapat menjadi evaluasi dalam pelaksanaan tugas kedepannya,” katanya.
 
Menurut Danrem, satgas yang baru harus bisa memberikan hal baru bagi penugasan di Tanah Papua seperti melakukan berbagai program positif lainnya yang langsung bersentuhan dengan sendi-sendi kehidupan masyarakat.
 
"Bila ada permasalahan yang dihadapi satgas lama diharapkan satgas baru dapat mencari solusi apalagi bila hal itu berkaitan dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat di Papua," ujarnya. 

Dia menambahkan pihaknya juga menyampaikan terima kasih kepada Satgas Yonif 126/KC dan Yonif 711/RKS atas pelaksanaan tugas sekitar 11 bulan dalam menjaga perbatasan RI-PNG dengan sangat baik.
 
“Satgas baru jangan sungkan untuk berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait dan pemerintah daerah untuk bersinergi membangun di daerah penugasan kalian nantinya, sebab dengan adanya kolaborasi semua permasalahan pasti ada jalan keluarnya,” katanya lagi.
 
Yonif 132/BS dan Yonif 143/TWEJ nantinya akan bertugas di wilayah perbatasan RI-PNG yang ada di Kota Jayapura, Kabupaten Keerom dan Pegunungan Bintang.
 

Pewarta : Evarukdijati
Editor : Hendrina Dian Kandipi
Copyright © ANTARA 2024