Sentani (ANTARA) - Panitia Kongres Masyarakat Adat Nusantara (KMAN) VI menyiapkan 74 stan untuk menyajikan berbagai kuliner dari seluruh nusantara saat penutupan ajang tersebut di Stadion Barnabas Youwe. 

Ketua umum panitia KMAN VI sekaligus Bupati Jayapura Mathius Awoitauw dalam siaran pers yang diterima Antara di Jayapura, Rabu, mengatakan kuliner nusantara yang disiapkan tersebut akan dinikmati oleh para peserta KMAN maupun para tamu yang hadir saat penutupan. 

"Jadi semua gratis untuk seluruh peserta akan dijamu di lapangan tempat ini sehingga kami bersama-sama merayakan kemenangan selama Kongres," katanya. 

Menurut Mathius, penyediaan sajian makanan khas dari berbagai daerah ini merupakan bentuk rasa syukur panitia atas keberhasilan pelaksanaan kongres tersebut. 

"Ini hari terakhir dari pelaksanaan Kongres yang mulai dari tanggal 24 Oktober 2022 dan 30 Oktober 2022 penutupan sehingga kami tampilkan dapur Nusantara," ujarnya 

Dia menjelaskan seluruh konsumsi yang diberikan kepada peserta dalam pelaksanaan KMAN VI dibuat oleh penduduk sekitar Stadion Barnabas Youwe dan masyarakat di kampung-kampung yang ditunjuk oleh panitia acara. 

Dia menambahkan masyarakat sekitar stadion dan kampung tersebut menyajikan makanan secara bergiliran karena jumlah peserta kongres yang mencapai lebih dari 3.000 orang. 

Sementara itu, salah satu peserta KMAN  asal Provinsi Kalimantan Tengah, Eric Kameng mengungkapkan dirinya sangat senang karena bisa mencicipi beragam kuliner khas berbagai daerah. 

"Baru saja saya makan masakan khas Lombok dan memang sangat enak," katanya.

Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Editor Papua
Copyright © ANTARA 2024