Jayapura (ANTARA) - Komandan Koramil 1708-01/Biak Kota Kapten Inf Irianto Mulyadi menghadiri pembukaan Turnamen Bola Basket Bupati Cup I yang berlangsung di Lapangan Basket Taman Adam Manggara Biak, Kelurahan Mansinyas, Kabupaten Biak Numfor, Papua, Senin.

Komandan Koramil 1708-01/Biak Kota Kapten Inf Irianto Mulyadi dalam siaran pers Penerangan Kodim Biak Numfor, kepada Antara di Jayapura, Senin mengatakan pihaknya meminta kepada masyarakat sekitar agar tetap menjaga keamanan dan ketertiban selama turnamen tersebut berlangsung.

"Kam mengimbau kepada semua tim yang mengikuti Turnamen Bola Basket Bupati Cup I dapat tetap menjunjung tinggi sportivitas dalam bertanding," katanya.

Sementara itu, Pelaksana Tugas Sekda Kabupaten Biak Numfor Zacharias L. Mailoa mengatakan Turnamen Bola Basket Bupati Cup I dalam rangka menyongsong hari raya Natal 2022 dan tahun baru 2023 untuk tingkat pelajar SMP, SMA/SMK dan umum se Kabupaten Biak Numfor dan Kabupaten Supiori.

Menurut Mailoa, pertandingan akan berlangsung mulai 20 hingga 30 November 2022 yang diikuti sebanyak 31 tim bola basket

"Turnamen ini sangat penting dan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari upaya pembinaan olahraga di Kabupaten Biak Numfor secara khusus pembinaan terhadap olahraga basket yang cukup diminati pelajar di berbagai sekolah," katanya.

Dia menjelaskan pihaknya berharap Turnamen Bola Basket Bupati Cup I 2022 menjadi salah satu sarana untuk menentukan langkah dan masa depan kemajuan olahraga prestasi cabang bola basket di Kabupaten Biak Numfor.

"Kami juga harapkan melalui ajang ini mampu memberikan semangat dan motivasi baru bagi generasi muda khususnya pecinta bola basket untuk dapat mengembangkan kemampuan yang dimiliki untuk menjadi pemain basket yang handal dan profesional," ujarnya.

Dia menambahkan pihaknya juga berharap melalui turnamen tersebut dapat melahirkan bibit-bibit atlet bola basket yang handal dan profesional.

Ketua Panitia Turnamen Bola Basket Bupati Cup I Tahun 2022 Sahrul menjelaskan turnamen ini bertujuan untuk menjalin sportivitas sesama atlet serta menciptakan bibit unggul sehingga ke depan dapat mengharumkan nama Papua khususnya Kabupaten Biak Numfor.

Dia menambahkan tim basket yang akan bertanding dibagi dalam empat kelompok yakni tim pelajar SMP putra sebanyak delapan tim, SMA putra sembilan tim dan pelajar SMA putri enam tim.

"Tim basket untuk kategori umum sebanyak delapan tim dan tim perwakilan dari Distrik Biak Barat satu tim dari pelajar SMP Negeri 3 Biak Barat," katanya.

Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Hendrina Dian Kandipi
Copyright © ANTARA 2024