Jayapura (ANTARA) -
Koramil 1708-01/Biak Timur terus berupaya menanamkan rasa cinta tanah air dengan memberikan materi Wawasan Kebangsaan (Wasbang) kepada siswa Sekolah Dasar (SD) Inpres Yadibur di Kampung Yenusi, Distrik Biak Timur, Kabupaten Biak Numfor, Papua.
 
 
Babinsa Posramil 1708-01/Biak Timur Sertu Petrus Ikanubun dalam siaran pers Penerangan Kodim Biak Numfor di Jayapura, Sabtu, mengatakan selain itu juga bertujuan untuk menanamkan jiwa patriotisme sejak dini sehingga diharapkan dapat membentuk generasi penerus yang disiplin dan berkarakter serta memiliki rasa cinta tanah air terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
 
"Adapun pemberian wasbang meliputi dasar Pancasila, kedisiplinan, kekompakan untuk menumbuhkan persatuan dan kesatuan melalui kerja sama antar siswa," katanya.
 
Menurut Petrus, wawasan kebangsaan sangat penting untuk ditanamkan sejak dini, mengingat pada usia tersebut sangat strategis dalam membentuk pola pikir.
 
"Selain itu juga membentuk nilai- nilai patriotisme melalui pembentukan dasar mental dan membentuk karakter kedisiplinan para pelajar agar dapat mencapai cita- cita luhur untuk masa," ujarnya.
 
Dia menjelaskan dengan memberikan Wasbang terhadap usia dini yang masih duduk di bangku SD, diharapkan dapat menjadi benteng bagi mereka agar tidak mudah terpengaruh oleh budaya asing yang bersifat negatif karena dapat merusak kepribadian dan masa depannya.
 
"Hal ini tentunya membutuhkan kerja sama dan pengawasan dari semua pihak baik guru pembimbing di sekolah maupun orang tua di lingkungan tempat tinggal," katanya lagi.
 
Dia menambahkan untuk itu marilah bersama bimbing dan arahkan para generasi penerus bangsa dengan kegiatan- kegiatan yang positif dan memberikan motivasi untuk rajin belajar baik di sekolah maupun di rumah, agar dapat mewujudkan cita- cita luhur yakni menjadi generasi penerus bangsa yang berguna bagi bangsa Indonesia.
 
 

Pewarta : Qadri Pratiwi
Editor : Hendrina Dian Kandipi
Copyright © ANTARA 2024