Jayapura (ANTARA) - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menginginkan agar kopi khas Papua dapat menjadi produk unggulan Indonesia yang bisa mendunia.

"Saya kemarin ke Mesir, Mesir ternyata ekspor kopi ke Amerika, ke Eropa, saya tanya, memang Mesir punya kopi? Ternyata kopinya dari Indonesia, rempah-rempah juga dari Indonesia lalu diekspor ke Mesir dan di Mesir diolah dengan rempah dan kopi dari Indonesia lantas jadi kopi Mesir dan dikirim ke Amerika dan Eropa, Indonesia harus punya sendiri, kopi Papua dari Indonesia untuk dunia," kata Wapres saat menyambangi usaha "Meja Kopi" di kompleks pertokoan Jayapura Pacific Permai selepas olahraga pagi di Jayapura.

Pegiat Papua Inspiratif Muda Lita Numberi mengatakan, bahan baku maupun barista kopi di Meja Kopi walaupun ada yang hitam, ada yang putih, semua asli anak-anak Papua.

"Di depan bapak Wapres ada kemasan kopi produk  hasil pendampingan petani Pegunungan Bintang, Yahukimo kami ambil jadi produk di sini.Biar kami di ujung timur, kami mau belajar, hanya saja kemasan masih dari Pulau Jawa," ujarnya.  Wapres Ma'ruf Amin mendapat ikat kepala khas Suku Saireri di kedai kopi Meja Kopi, di Jayapura, Papua, Selasa (29/11/2022). ANTARA/Desca Lidya Natalia

"Saya mengapresiasi semangat komunitas Meja Kopi mengembangkan kopi Papua dan  melibatkan anak muda Papua untuk maju dan berkembang," ujar Wapres

"Saya harap kopi Papua mendunia, saya dukung termasuk event yang dibuat nanti sifatnya internasional. Saya minta Pak Erick (Thohir) fasilitasi supaya event bisa berhasil dan kasih semangat ke petani dan off taker-off takernya  kopi Papua," kata Wapres mendapatkan ikat kepala khas Suku Saireri, disematkan ayah Lita, Yan Numberi.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Wapres Ma'ruf Amin inginkan kopi Papua mendunia

Pewarta : Desca Lidya Natalia
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024