Biak (ANTARA) - Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Biak Numfor, Papua pada tahun 2023 akan memprioritaskan program ketrampilan institusi kejuruan untuk memperkuat keahlian bagi pencari kerja sebagai bekal memasuki pasar kerja nasional.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Biak Numfor Joni Domeng menjawab Antara di Biak, Kamis, mengatakan, pemberian ketrampilan kejuruan pencari kerja akan dilatih melalui UPT Loka Latihan Kerja Usaha Kecil Menengah Biak Numfor.

"Saya baru dilantik sebagai Kadisnaker sehingga untuk detailnya apa saja program pelatihan ketrampilan bagi pencari kerja 2023 ini tetap dilanjutkan meski saya masih menghimpun data dari staf dan kepala UPT LLK UKM, " ujar Kadisnaker Biak Joni Domeng.

Diakui Kadisnaker Joni Domeng, ke depan untuk mengisi lapangan pekerjaan maupun menciptakan lapangan pekerjaan atau melakukan usaha mandiri maka pencari kerja harus punya bekal keterampilan kejuruan tertentu.

Kebutuhan akan tenaga kerja saat ini, menurut Joni Domeng, dibutuhkan pencari kerja yang terampil, produktif dan sesuai standar kompetensi industri/perusahaan semakin meningkat.

Disebutkan Joni Domeng, terlebih adanya perkembangan teknologi industri yang pesat akan berdampak pada kesenjangan antara kebutuhan tenaga kerja dan kompetensi yang dimiliki tenaga kerja.

“Oleh karena itu dalam meningkatkan kualitas dan kompetensi tenaga kerja perlu diberikan pelatihan dan pemagangan bagi calon tenaga kerja yang ada di Kabupaten Biak Numfor, " harap Kadisnaker Joni Domeng di sela-sela sosialisasi mall pelayanan publik Biak, Kamis.

Pasar kerja saat ini, menurut Joni Domeng, membutuhkan figur tenaga kerja yang terampil dan menguasai keahlian kejuruan tertentu yang sesuai dengan kompetensinya.

"Maka para tenaga kerja harus dilatih ketrampilan kejuruan dan ditingkatkan kompetensinya agar memenuhi syarat mutu tenaga kerja, " ujar mantan Sekretaris Distrik Swandiwe.

Berdasarkan data 2022 pelatihan kejuruan institusi bagi pencari kerja Kabupaten Biak Numfor dibiayai Kemenaker melalui BLK Sorong, Papua Barat serta dana otonomi khusus Pemkab Biak Numfor bagi pencari kerja orang asli Papua.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024