Biak (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Biak Numfor,Papua mendorong percepatan manajemen Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Biak pada Mei 2023 sudah berstatus akreditasi paripurna di Tanah Papua.

"Pelayanan dan fasilitas peralatan medis dimiliki RSUD Biak Numfor terus meningkat dari waktu ke waktu sehingga Dinkes membantu percepatan peningkatan status rumah sakit Biak paripurna di tahun ini," ujar Kepala Dinas Kesehatan Biak Numfor Daud N.Duwiri M. Kes di Biak,Minggu.

Ia mengharapkan, berbagai kelengkapan administrasi dan persyaratan untuk mencapai hasil penilaian status akreditasi paripurna pada tahun 2023 dapat terselesaikan dengan lancar.

"Jajaran Dinkes Biak Numfor turut serta membantu pencapaian akreditasi paripurna rumah sakit umum di tahun 2023, " harap Kadis kesehatan Biak Daud Duwiri.

Sementara itu, Direktur RSUD Biak dr Ricardo Mayor mengatakan, pihak manajemen RSUD Biak terus melengkapi berbagai fasilitas kebutuhan layanan kesehatan RSUD untuk mencapai akreditasi paripurna di 2023.

Diakui Ricardo Mayor pihak RSUD untuk melaksanakan akreditasi rumah sakit sesuai Undang-Undang Nomor 44 Tahun 2009 tentang Rumah Sakit dan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 56 Tahun 2014 tentang Klasifikasi dan Perizinan Rumah Sakit.

"Hingga mengacu kepada Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 34 Tahun 2017 tentang Akreditasi Rumah Sakit dan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 71 Tahun 2013 tentang Pelayanan Kesehatan Pada Jaminan Kesehatan Nasional," ujarnya.

Diakui Direktur RSUD Ricardo, status akreditasi rumah sakit merupakan bentuk perlindungan pemerintah dalam memenuhi hak setiap warga negara Indonesia.

Diakuinya, kegiatan akreditasi rumah sakit untuk mengintegrasikan kegiatan tata kelola manajemen dan tata kelola klinis guna meningkatkan mutu pelayanan RS dengan memperhatikan keselamatan pasien.

"Serta untuk meningkatkan profesionalisme pelayanan rumah sakit seluruh Indonesia di mata internasional, " sebut direktur.

Berdasarkan pantauan ANTARA hingga, Ahad, pukul 16.30 WIT layanan untuk berobat rawat jalan dan rawat inap bagi warga Kabupaten Biak Numfor sudah dilayani di Instalasi Gawat Darurat setiap hari buka selama 24 jam.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024