Biak (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Biak Numfor,Papua telah membayar gaji 368 guru Aparatur Sipil Negara (ASN) SMA/SMK untuk Januari 2023 setelah pelimpahan kewenangan dari Pemprov Papua ke kabupaten/kota per 1 Januari.

"Ratusan guru SMA/SMK yang bertugas di satuan pendidikan sekolah menengah atas dan kejuruan sudah menerima gaji bulan Januari," ujar Sekretaris Dinas Pendidikan Biak Numfor Jhon Saububer ketika dikonfirmasi ANTARA di Biak, Jumat.

Sekretaris Dinas Pendidikan Jhon menyebutkan anggaran gaji guru ASN tingkat SMA/SMK telah menjadi kewenangan kabupaten Biak Numfor dan proses pembayarannya sudah direalisasikan sejak pekan ini.

"Gaji guru SMA/SMK di Biak Numfor langsung ditransfer ke rekening bersangkutan," kata Sekretaris Dinas Pendidikan Jhon Saububer.

Kalangan guru SMA/SMK Biak mengatakan sangat senang dan bahagia sudah mendapat pembayaran gaji bulan Januari 2024 yang sudah masuk ke rekeningnya.

"Gaji bulan Januari 2023 yang sempat tertunda karena pengalihan kewenangan guru SMA/SMK dari Pemerintah Provinsi kepada Kabupaten Biak Numfor sudah diterima di rekening, " ujar Fatma, guru SMA/SMK Biak.

Pemerintah Provinsi Papua terhitung 1 Januari 2023 menyerahkan kewenangan pengelolaan guru SMA/SMK ke pemerintah kabupaten/kota.

Berdasarkan data alokasi anggaran untuk pembayaran gaji ratusan tenaga guru SMA/SMK di Kabupaten Biak Numfor untuk bulan Januari 2023 mencapai lebih kurang sebesar Rp19 miliar.*

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024