Sentani (ANTARA) - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Jayapura, Papua akan menerapkan sport science agar lebih efektif dalam meningkatkan prestasi atlet di wilayah itu.

Ketua KONI Kabupaten Jayapura Mathius Awoitauw dalam rapat kerja KONI Kabupaten Jayapura 2023 di Sentani, Jumat, mengatakan untuk itu pihaknya telah bekerja sama dengan Universitas Cenderawasih untuk mendorong penerapan sport science guna mengembangkan performa atlet.

"Karena tidak semua atlet bisa memilih cabang olahraga tetapi harus berdasarkan data dan itu yang akan menentukan seorang atlet cocok pada cabor apa yang sesuai dengan fisik dan mental," katanya.

Menurut Mathius, dalam rapat tersebut juga melibatkan pihak Universitas Cenderawasih (Uncen) guna membahas persiapan untuk penerapan sport science ke depan.

Apalagi kata dia, fasilitas olahraga seperti Stadion Lukas Enembe dan arena aquatik di Kabupaten Jayapura sehingga venue tersebut bisa digunakan untuk meningkatkan potensi atlet.

"Karena kami telah merekrut atlet pada saat PON XXI dan Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) sehingga ini akan menjadi dasar dalam peningkatan kapasitas atlet di Kabupaten Jayapura," ujarnya.

Sementara itu, Penjabat Bupati Jayapura Triwarno Purnomo mengatakan pihaknya berharap dengan dilaksanakan rapat kerja KONI Kabupaten Jayapura 2023 semua program kerja dapat berjalan dengan lancar dan tentunya dalam menerapkan strategi yang tepat untuk mengembangkan potensi atlet.

"Kabupaten Jayapura memiliki banyak bibit-bibit atlet yang berpotensi sehingga menjadi tanggung jawab semua pihak untuk melakukan pembinaan mulai dari penjaringan dan pembinaan terhadap atlet muda berbakat," katanya.

Dia menambahkan bidang olahraga mempunyai banyak manfaat seperti membanggakan keluarga dan membanggakan sekolah kemudian bisa mengharumkan nama daerah.

"Dan yang terpenting adalah bisa mencapai prestasi tertinggi serta mengibarkan bendera Merah Putih di ajang internasional," ujarnya.

Pelaksanaan rapat kerja KONI Kabupaten Jayapura berlangsung di Sentani, Jumat (20/1) dan dibuka oleh Penjabat Bupati Jayapura Triwarno Purnomo.

Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024