Jayapura (ANTARA) - Prajurit TNI yang bertugas di Koramil 1715-05/Batom, Jumat, membantu mengajar para pelajar sekolah dasar (SD) di Batom, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua.
 
Selama berada di SD Inpres Batom yang berada di perbatasan RI-Papua Nugini (PNG), para prajurit memberikan materi pembelajaran singkat dan pembekalan wawasan kebangsaan.
 
Dandim 1715/Yahukimo Letkol Inf Johanis Victorianus Tethool, Jumat, mengatakan kegiatan mengajar yang dilakukan prajurit Koramil Batom bertujuan memberikan pemahaman tentang wawasan kebangsaan.
 
"Saya sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan prajurit karena dilakukan di sela-sela patroli," kata Tethool.
 
Ia mengatakan TNI-Polri di Pegunungan Bintang terus melakukan upaya antisipasi untuk menjaga situasi kamtibmas, termasuk yang dilakukan di Batom di mana prajurit melakukan patroli humanis ke masyarakat.
 
“Babinsa dan bhabinkamtibmas mempunyai peran mengedukasi generasi bangsa, khususnya anak-anak Papua yang ada di wilayah Batom sehingga sejak dini mendapat asupan positif yang berguna. Saya sudah minta babinsa selalu turun ke lapangan dan ikut memberikan andil di sekolah-sekolah agar generasi Papua tidak kalah bersaing di dunia pendidikan," kata Letkol Inf Tethool.
 
Babinsa Koramil 1715-05/Batom Serda Suharman mengakui kegiatan mengajar dilakukan di sela-sela patroli yang dilakukan prajurit untuk memberikan rasa aman dan nyaman di masyarakat.
 
“Patroli humanis sebagai wujud komunikasi sosial dengan masyarakat bertujuan memelihara tali silaturahmi dan hubungan baik agar tercipta situasi, kondisi, keamanan yang kondusif serta dapat mengantisipasi kemungkinan terjadinya konflik dan gangguan keamanan di wilayah,” kata Serda Suharman.
 
Terkait pembelajaran yang dilakukan prajurit, Suherman mengatakan hal itu dilakukan sebagai wujud kepedulian kepada generasi penerus bangsa yang berakhlak karena terbentuk sejak dini sehingga pada masa mendatang mereka mampu memberikan hal terbaik sesuai kapasitas masing-masing.
 
" Kami akan terus berupaya membantu guru dengan memberikan pembelajaran, terutama terkait wawasan kebangsaan," kata Serda Suherman.
 
Distrik Batom merupakan salah satu distrik di Kabupaten Pegunungan Bintang yang berbatasan dengan PNG.

Pewarta : Evarukdijati
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024