Biak (ANTARA) - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Biak Numfor, Papua melakukan penanaman pohon lindung khas lokal Biak Sasurep untuk menjaga lingkungan tetap sehat dan bersih.

"Kegiatan tanam bibit pohon lokal Sasurep telah dilakukan Bupati Herry Ario Naap dan Wabup Calvin Mansnembra, " ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup Biak Numfor Iwan Ismulyanto AP di Biak, Senin.

Iwan mengatakan, menanam pohon Sasurep merupakan salah satu kegiatan untuk melaksanakan instruksi dan dalam rangka peringatan empat tahun kepemimpinan Bupati Herry Ario Naap dan Wabup Calvin Mansnembra.

 Iwan mengatakan fungsi pohon adalah untuk membersihkan udara, memberikan perlindungan terhadap panas dan mengurangi emisi perubahan iklim.

Hal ini berarti fungsi utama pohon yang ditanam di tepi lingkungan jalan raya, menurut Iwan, untuk menyaring debu dan polusi udara yang dikeluarkan dari kendaraan-kendaraan.

Selain itu ternyata pohon Sasurep lokal Biak yang di tanam di pinggiran jalan raya bisa mengurangi kebisingan yang ditimbulkan dari kendaraan.

"Dengan menanam satu pohon berarti kita ikut menjaga lingkungan supaya tetap sehat,bersih dan nyaman karena mengurangi kenaikan suhu udara yang disebabkan oleh pantulan cahaya matahari, " katanya.

Iwan berharap, melalui kegiatan penghijauan tanam pohon sebagai upaya pelestarian lingkungan sekitar jalan raya.

"Penghijauan merupakan upaya pelestarian lingkungan yang cukup sederhana, sehingga semua orang sangat mungkin untuk melakukannya dengan mudah, " tambahnya.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024