Biak (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Biak Numfor, Provinsi Papua mengadakan arak-arakan keliling kota setempat terhadap Piala Adipura keenam yang diterima daerah itu sebagai penghargaan kota terbersih dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Sabtu.

Arak-arakan Piala Adipura keenam bagi Kabupaten Biak Numfor tahun ini, antara lain melintasi Jalan Mandala, Jalan Yos Sudarso, Jalan Imam Bonjol, Jalan Sisingamangaraja, Kampung Baru, Yafdas, Pasar Darfuar, Jalan Sriwijaya, Mandouw, dan finis di Jalan Majapahit di Kantor Bupati Biak.

Berbagai kalangan masyarakat dan berbagai unsur terkait di lingkungan Pemkab Biak Numfor menjalani arak-arak Adipura tersebut.

Piala Adipura untuk Biak Numfor dibawa dari Jakarta dengan pesawat terbang tiba di Bandara Internasional Frans Kaisiepo Biak, Sabtu, pukul 07.10 WIT. 

Kedatangan Adipura itu, antara lain disambut Wakil Bupati Biak Numfor Calvin Mansnenbra dan Pelaksana Harian Sekretaris Daerah Biak Numfor Semuel Rumaikeuw, serta para pimpinan satuan TNI-Polri di daerah setempat.

Seorang warga setempat yang juga petugas kebersihan kota tersebut, Martina Biloly, mengakui bangga karena Kabupaten Biak Numfor meraih Adipura keenam kalinya pada tahun ini.

"Saya bagian dari petugas kebersihan terkesan karena Biak mampu mempertahankan Adipura dengan predikat kota kecil terbersih di Indonesia," katanya. 

Seorang warga setempat lainnya, B. Rumanasen, mengatakan perolehan Adipura keenam untuk daerah itu karena keberhasilan semua masyarakat dalam menjaga kota Biak tetap bersih. 

"Kami sangat senang dan bahagia karena Biak Numfor mampu mempertahankan Piala Adipura keenam," katanya. 

Pada kesempatan terpisah, Wakil Bupati Biak Calvin Mansnenbra mengakui perolehan penghargaan untuk kebersihan lingkungan berupa Adipura keenam bagi daerah itu karena keterlibatan masyarakat dalam mewujudkan Biak bersih. 

"Atas nama jajaran Pemkab Biak Numfor saya mengucapkan selamat dan terima kasih kepada semua elemen masyarakat Biak Numfor karena membawa Piala Adipura keenam ke Biak," katanya. 

Disinggung permintaan kelengkapan kerja petugas kebersihan di lapangan seperti sepatu, tutup kepala, masker, katanya, akan menjadi perhatian pemerintah melalui dinas terkait. 

"Pemkab Biak Numfor berterima kasih atas semua peran serta masyarakat, petugas kebersihan dan pemangku kepentingan lainnya," katanya didampingi Kadis Lingkungan Hidup Kabupaten Biak Numfor Iwan Ismulyanto A.P.
 

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024