Sentani (ANTARA) - Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kabupaten Jayapura, Papua telah menetapkan 13 pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di daerah tersebut untuk direkomendasikan ke Kementerian di Jakarta.

"Dari empat ribu terpilih hanya 13 pelaku usaha yang akan direkomendasikan untuk mendapat dukungan langsung dari Pusat, kata Sekretaris Dinas Koperasi dan UMKM Jayapura, Lenora Bemey di Sentani, Rabu.

Lenora mengatakan ke-13 UMKM tersebut mampu penuhi kriteria,  karena itu rekomendasikan untuk mendapatkan dukungan langsung dari pemerintah pusat. 

Salah satu kriteria penting, kata karena konsisten dan mengalami kemajuan dalam pengelolaan.

“Usaha mereka tetap bertahan dan ada kemajuan besar jadi prioritas kami untuk didorong ke tingkat Kementerian agar lebih meningkat lagi,” ujarnya.

Dia menjelaskan ada perwakilan pelaku usaha kuliner, kulit kayu, dan tas tradisional (Noken) yang direkomendasikan oleh pihaknya karena selalu konsisten dengan jenis usahanya.

“Terkadang pelaku usaha suka merubah jenis usahanya ketika didapati kondisi pasaran kurang laris mereka mencoba lainnya sehingga tidak konsisten dengan usahanya,” katanya lagi.

Dia menambahkan suatu usaha untuk dapat berkembang dengan baik dibutuhkan konsistensi dan ketekunan sehingga pelaku usaha mendapatkan kematangan dalam berwirausaha.

“Harapan kami bagi para pelaku usaha kecil menengah yang ada di Kabupaten Jayapura taraf perekonomian keluarganya dapat terbantu dari usaha yang digeluti,” ujarnya lagi.

 


Pewarta : Agustina Estevani Janggo
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024