Jayapura (ANTARA) - Kodim 1702 Jayawijaya mendukung setiap program pelestarian seni budaya yang dilaksanakan melalui festival untuk tingkat sekolah dasar se-Kabupaten Jayawijaya di Wamena.

Dandim 1702 Jwy Letkol CPN Athenius Murip di Wamena, Rabu mengatakan, festival seni budaya yang dilaksanakan ini merupakan salah satu cara melestarikan dan mempertahankan budaya tersebut.

Pagelaran seni budaya ini diadakan, untuk mempertahankan budaya agar tidak terkikis oleh zaman sekaligus menghambat pengaruh budaya luar terhadap generasi muda.

Apalagi generasi muda saat ini lebih memilih budaya barat dari pada budaya tradisional sehingga kita harus mendukung penuh pelaksanaan festival dan lomba seni siswa nasional (FSL2N).

"FSL2N diharapkan dapat menjadi perangsang untuk membangkitkan kembali kecintaan akan seni dan budaya yang ada di Kabupaten Jayawijaya," harap Letkol CPN Athenius Murip.

Bupati Kabupaten Jayawijaya Jhon Richard Banua, sebelumnya berharap agar kegiatan ini tidak putus di sini saja namun dapat berlanjut hingga ke tingkat nasional.

Para peserta lomba diharapkan tidak pernah merasa malu untuk menampilkan seni budayanya dan sebaliknya bangga karena makin dikenal.

"Tampilkan secara maksimal agar dapat makin terkenal luas karena Kabupaten Jayawijaya memiliki kekayaan akan seni budayanya," kata Bupati Banua.

 

Pewarta : Evarukdijati
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024