Sentani (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Jayapura, Papua telah selesai menyalurkan zakat fitrah bagi para mustahik di daerah ini pada H+2 Lebaran 2023.

Ketua Baznas Jayapura Muhammad Ansori kepada ANTARA di Sentani, Rabu, mengatakan pihaknya telah menyalurkan zakat fitrah secara menyeluruh dan merata kepada fakir miskin di daerah tersebut.

“Alhamdulillah untuk penyaluran zakat sudah selesai dilakukan pada H+2 Lebaran oleh unit pelayanan zakat Baznas Kabupaten Jayapura,” katanya.

Menurut Muhammad Ansori para mustahik menerima zakat berupa bahan pokok layak konsumsi dan uang tunai, penyalurannya telah dilakukan saat Idul Fitri sampai H+2.

“Adapun penyaluran zakat bagi para mustahik yakni per orang menerima beras sebanyak tiga kilo gram dan uang tunai sebesar Rp. 175.000,” ujarnya.

Dia menjelaskan untuk jumlah keseluruhan penerima zakat fitrah di Kabupaten Jayapura, pihaknya masih menunggu data laporan masuk dari unit pelayanan zakat.

“Di dalam aturan untuk pelaporan data penerima zakat akan diberikan pada H+5 Lebaran dan setelah itu dapat kami publikasikan,” katanya lagi.

Dia menambahkan pihaknya berharap agar penyaluran zakat ini dapat membantu umat dari sisi ekonomi keluarga dan semoga berkah.

“Semoga berkah Ramadhan dan Lebaran senantiasa menjadi bagian umat, pemberian ini tidak seberapa tetapi kami berharap dapat membantu ekonomi para mustahik,” ujarnya lagi.


Pewarta : Agustina Estevani Janggo
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024