Jayapura (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Papua menyebutkan kontingennya menargetkan bakal meraih lima medali di Pekan Olahraga Nasional (Pornas) Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) di Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah, pada 13-23 Juli 2023.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Papua, Jeri A. Yudianto di Jayapura, Jumat, mengatakan  dari 10 cabang olahraga yang dipertandingkan, kontingen Papua mengikuti lima cabang yakni futsal, tenis lapangan, bola voli, senam korpri, dan bola basket,  dengan target masing-masing memperoleh satu medali.

Menurut Jeri, berbagai persiapan telah dilakukan, di antaranya mulai dari pelaksanaan seleksi atlet, latihan intensif pada masing-masing cabang olahraga serta uji coba atau tanding sebanyak 44 kali.

“Sementara kami juga telah melakukan verifikasi tim ofisial, pelatih serta atlet yang akan bertanding kepada pihak panitia penyelenggara Pornas Korpri 2023, sebagaimana tahapan yang ditetapkan pada Techinal Handbook Pornas XVI Korpri, dimana baru-baru saja melewati tahap pertama,” ujarnya.

Dia menjelaskan persiapan kini sudah maksimal dari tim Papua dan target perolehan medali tidak muluk-muluk, minimal satu cabang satu medali, karena ajang ini adalah bagian dari peningkatan jiwa Korps Korpri serta budaya olahraga di kalangan ASN.

"Sehingga harapannya dengan olahraga, ASN bisa bugar dan tentunya akan maksimal dalam melakukan pelayanan kepada publik," katanya lagi.

Sebanyak 10 cabang olahraga yang dipertandingkan meliputi futsal, tenis lapangan, tenis meja, bulu tangkis, bola voli, gateball, catur, senam KORPRI, balap sepeda dan bola basket. Agenda nasional ini diikuti oleh kontingen provinsi dan kementerian/lembaga se-Indonesia.


Pewarta : Qadri Pratiwi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024