Jayapura (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua memberikan apresiasi kepada Bank Indonesia setempat yang telah membantu pemerintah pada bidang pendidikan, di mana hal ini menjadi salah satu fokus penting dalam memajukan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul.

Pelaksana Tugas (Plt) Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Setda Papua Suzana D. Wanggai di Jayapura, Senin, mengatakan Bank Indonesia tidak hanya berkontribusi dalam sektor perekonomian, tapi juga pendidikan melalui program beasiswa.  

“Hal ini turut mendukung kemajuan Provinsi Papua mengingat pendidikan merupakan aspek penting mempersiapkan SDM unggul dan maju untuk terus berinovasi bagi kemajuan daerah,” katanya.

Sementara itu, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Papua Juli Budi Winantya mengatakan saat ini Indonesia, termasuk Papua sedang mengalami bonus demografi dimana mayoritas jumlah penduduk didominasi penduduk usia produktif.

“Dengan kondisi tersebut harus dimanfaatkan dengan menciptakan SDM unggul sehingga mendukung pertumbuhan ekonomi yang tinggi, inklusif, dan berkelanjutan,” katanya.

Menurut Juli, menjawab tantangan tersebut, Bank Indonesia Papua hadir dan memberikan beasiswa setiap tahunnya kepada para mahasiswa sebagai wujud kontribusi dalam menciptakan SDM unggul.

“Pemberian beasiswa tersebut kami berikan kepada 4 (empat) Perguruan Tinggi, yaitu Universitas Cenderawasih (Uncen), Universitas Ottow Geissler Papua, IAIN Fattahul Muluk Papua serta Universitas Sains dan Teknologi Jayapura (USTJ),” ujarnya.

Dia menjelaskan beasiswa Bank Indonesia merupakan bagian program sosial dimana penerima beasiswa tidak hanya memperoleh dana untuk biaya pendidikan dan hidup, tapi juga akan tergabung dalam komunitas Generasi Baru Indonesia (GenBI) dan memperoleh berbagai program pengembangan hardskill dan softskill.

Kegiatan Generasi Baru Indonesia (GenBI) sekaligus penyerahan beasiswa Bank Indonesia di Provinsi Papua dihadiri Pemprov Papua, Pimpinan Universitas, dan 200 mahasiswa penerima beasiswa bertempat Aula Kantor Perwakilan Bank Indonesia Papua, Kota Jayapura pada Jumat (12/5).



 


Pewarta : Qadri Pratiwi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024