Jayapura (ANTARA) - Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Mappi bersama Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) tentang program sinergi bidang pelatihan vokasi bagi anak-anak asli Mappi.

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauzyah dalam siaran pers yang diterima Antara di Jayapura, Jumat, mengatakan melalui tersebut nantinya akan diselenggarakan peningkatan kompetensi dan daya saing bagi masyarakat Kabupaten Mappi di Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Sorong dan Kabupaten Enrekang di BPVP Kepulauan Pangkajene.

"Tujuan MoU ini agar dapat menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang kompeten dan berdaya saing di daerah," katanya.

Menurut Ida, kehadiran BPVP adalah sebagai perwakilan dari pemerintah pusat dalam melaksanakan fungsi pembinaan pelayanan pelatihan berkualitas yang sesuai dengan potensi dan kebutuhan daerah.

"Tetapi juga melakukan fungsi pembinaan dan koordinasi kepada seluruh UPTD Balai Latihan Kerja (BLK) tingkat kabupaten/kota dan pemangku kepentingan pelatihan lainnya di tingkat provinsi," ujarnya.

Sementara itu, Penjabat Bupati Mappi Michael Gomar mengatakan penandatanganan MoU antara Direktorat Jenderal Pembinaan Pelatihan Vokasi dan Produktivitasi (Ditjen Binalavotas) Kementerian Ketenagakerjaan RI untuk mendorong SDM di daerahnya untuk mampu berkompeten dan berdaya saing tinggi.

"Saat ini sebanyak 42 orang anak-anak Mappi sudah siap untuk mengikuti pelatihan di BPVP Sorong dan juga Kabupaten Mappi," katanya.

Dia menjelaskan dalam pelaksanaan pelatihan akan dibagi yakni 10 orang akan dikirim BPVP Sorong dengan sepuluh paket pelatihan sementara 32 orang akan mengikuti pelatihan di Mappi dengan pembagian 16 orang mengikuti pelatihan mebel dan 16 lainnya pelatihan menjahit.

"Diharapkan melalui program ini mereka bisa mendapatkan ketrampilan dan Pemerintah daerah terus mempersiapkan SDM melalui pelatihan agar mereka bisa membuka lapangan kerja," katanya.

Dia menambahkan pelatihan kepada SDM Mappi akan dilakukan secara bertahap dalam waktu dekat Pemda akan ada 42 orang yang akan mengikuti pelatihan.

Sekadar untuk diketahui pelaksanaan MoU tersebut dirangkai dalam acara penandatangan naskah perjanjian hibah daerah dalam rangka serah terima lahan dan nota kesepakatan antara Ditjen Binalavotas dengan pemerintah daerah dan mitra industri di Jakarta pada Rabu 17 Mei 2023.



Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024