Sentani (ANTARA) - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Jayapura, Papua mengatakan harga cabai merah besar mengalami kenaikan hingga mencapai harga Rp95.000 per Kg di Pasar Phara Sentani.

Kepala Bidang Pemasaran dan Perdagangan Frits N. Ansaka kepada ANTARA, Rabu, mengatakan untuk saat ini cabai merah besar sedang mengalami kenaikan harga.

“Harga cabai merah besar pada satu minggu lalu seharga Rp90.000 per Kg dalam kurun waktu sepekan sudah naik menjadi Rp95.000 per Kg,” katanya.

Menurut Frits, faktor penyebab kenaikan harga cabai merah besar karena ketersediaan stok yang berkurang dan harga dinaikkan dari pihak distributor.

“Harga cabai merah besar kali ini mengalami kenaikan harga dari distributor atau pengepul, sehingga berpengaruh ke pasar,” ujarnya.

Didik seorang pedagang menjelaskan  selama ini memasok cabai merah besar dari daerah terdekat yakni Kabupaten Keerom.

“Kami menerima distribusi beberapa bahan seperti cabai merah besar, cabai keriting, tomat, bawang merah dan putuh, buah-buahan, sayur-sayuran serta jagung dari Keerom,” katanya.

Dia menambahkan memang untuk harga dari Keerom masih terjangkau tetapi kadang distributor juga menaikkan harga sendiri dampaknya pihaknya sebagai pedagang akan menaikkan harga jual.

“Untuk cabai merah besar memang harganya sedang naik, kami berharap para distributor pangan tidak menaikkan harga sendiri,” ujarnya.


Pewarta : Agustina Estevani Janggo
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024