Sentani (ANTARA) - Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Jayapura, Papua mengatakan bahwa hari lahir Pancasila yang diperingati setiap 1 Juni memberi makna membangkitkan semangat kebangsaan anak-anak bangsa.

Pj Bupati Jayapura Triwarno Purnomo di Sentani, Kamis, mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Jayapura menggelar upacara peringatan hari lahir pancasila pada 1 Juni 2023 di Lapangan Upacara Kantor Bupati pada daerah ini.

“Peringatan hari lahir Pancasila menjadi momen penting bagi seluruh anak bangsa dalam merefleksikan dasar negara kita NKRI,” katanya.

Menurut Triwarno, tema nasional yang diusung pada peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini yakni gotong royong membangun peradaban dan pertumbuhan global.

"Tema ini mencerminkan komitmen bersama terhadap gotong royong untuk membangun peradaban dan pertumbuhan global di mulai dari daerah masing-masing,” ujarnya.

Dia menjelaskan penetapan 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila ditetapkan melalui Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016.

“Untuk itu maka sebagai perpanjangan tangan pemerintah pusat di daerah kami menggelar upacara pada hari ini guna membangkitkan semangat kebangsaan anak negeri dari Kabupaten Jayapura,” katanya.

Dia menambahkan pancasila merupakan dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia untuk itu perlu untuk diperingati dan dibangkitkan terus semangat kebangsaan yang telah ada.

“Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila akan selalu dilaksanakan setiap tahun sebagai momen peringatan dan menumbuhkan rasa cinta tanah air melalui peringatan ini,” ujarnya.


Pewarta : Agustina Estevani Janggo
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024