Jayapura (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura, Papua menyampaikan pesan kepada generasi muda di daerah itu untuk terus melestarikan nilai-nilai yang terkandung di dalam Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Pancasila sebagai dasar negara Indonesia yang mengikat seluruh anak dari Sabang sampai Merauke sehingga tugas dari generasi muda di Papua adalah mewariskan dan melestarikan nilai Pancasila," kata Penjabat Wali Kota Jayapura Frans Pekey setelah memimpin upacara hari lahir Pancasila di Jayapura, Kamis.

Menurut Peket, Pancasila menjadi ikatan yang menguatkan di dalam memenangkan setiap ujian kehidupan selain itu berbagai perbedaan dapat disatukan oleh nilai Pancasila dan simbol Bhinneka Tunggal Ika

"Oleh karena itu tugas kami semua adalah menjaga dan melestarikan pilar pilar bangsa," ujarnya.

Dia menjelaskan pihaknya mengajak seluruh warga Kota Jayapura untuk senantiasa menjalankan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bersama sebagai kota yang heterogen.

"Dalam pembangunan juga harus pada prinsip Pancasila sehingga membangun Kota Jayapura dengan menjaga persatuan dan kesatuan Indonesia," katanya lagi.

Dia menambahkan dalam pembangunan juga membutuhkan sikap toleransi antar umat beragama untuk selalu menjaga harmonisasi antar sesama anak bangsa karena di situ ada nilai komunikasi, koordinasi, kolaborasi dan kerja sama dengan semua komponen membangun kota Jayapura lebih baik ke depan.

"Sehingga Kota Jayapura akan tetap aman, nyaman dan damai dengan demikian akan terwujud kota yang diidamkan untuk kesejahteraan bersama," ujarnya.

Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024