Biak (ANTARA) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Biak Numfor,Papua menyediakan layanan pemeriksaan penyakit tidak menular (PTM) secara gratis untuk masyarakat di daerah setempat pada, Sabtu (3/6).

"Dengan adanya pemeriksaan kesehatan lengkap terhadap PTM dapat mencegah dini untuk segera diobati," ujar Kepala Dinas Kesehatan Biak Numfor Daud Nathaniel Duwiri M.Kes di Biak, Sabtu.

Ia mengatakan hal yang termasuk kategori PTM, di antaranya stroke, jantung koroner, kanker, kolesterol, diabetes melitus, penyakit paru obstruktif kronis (PPOK), dan gangguan akibat kecelakaan serta jenis lainnya.

Kadis Kesehatan Duwiri menyarankan orang dengan faktor risiko PTM melakukan aktivitas fisik untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Untuk pencegahan PTM, kata Duwiri, di antaranya dengan membatasi konsumsi gula, garam, dan lemak yang berlebihan.

Selain itu, kata dia, secara rutin melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit dalam sehari

"Serta tidak merokok atau terpapar asap dan residu rokok dan jaga berat badan ideal dan cegah obesitas," katanya.

Dia mengatakan warga juga diminta mengecek kesehatan secara teratur.

"Terus menerapkan perilaku hidup sehat dan bersih dalam lingkungan keluarga," katanya.

Duwiri mengingatkan menjaga kesehatan tubuh salah satu hal penting bagi setiap orang untuk mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik pada masa yang akan datang.

Dengan cara tersebut, kata dia, tubuh terhindar dari berbagai penyakit yang dapat mengganggu kesehatan saat orang menjalankan aktivitas sehari-hari.

"Layanan pemeriksaan PTM akan digelar rutin Dinas Kesehatan Biak untuk membantu masyarakat dalam mencegah penyakit tidak menular hingga pelosok kampung," katanya.

Pelaksana Tugas Asisten 1 Sekda Biak Semuel Rumaikeuw memberikan apresiasi atas program pemeriksaan kesehatan PTM yang dibuka Dinkes Biak Numfor pada 3 Juni 2023.

"Saya juga sudah melakukan pemeriksaan kesehatan, ya syukur puji Tuhan kondisinya tetap sehat dalam melayani masyarakat," kata dia setelah melakukan pemeriksaan kesehatan di Biak.

Pada layanan pemeriksaan PTM di Biak, Sabtu, diikuti kurang lebih 75 warga setempat.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024