Biak (ANTARA) - Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Biak Numfor, Papua menyebut kegiatan olahraga sepeda, Fun Bike dan Biak Ultra Cycling Challenge (BUCC), dalam rangkaian Sail Teluk Cenderawasih 2023 berdampak terhadap kemajuan sektor pariwisata di daerah setempat.

"Dispar Biak Numfor berterima kasih dengan panitia penyelenggara Fun Bike dan BUCC karena sudah membantu mempromosikan kunjungan wisatawan ke Pulau Biak," ujar Kepala Dispar Biak Numfor yang juga Ketua panitia Sail Teluk Cenderawasih 2023 Onny Dangeubun seusai Fun Bike itu di Biak, Sabtu.

Ia mengharapkan pelaksanaan Fun Bike dan BUCC juga berdampak langsung terhadap  perekonomian masyarakat setempat.

Apalagi, katanya, jumlah peserta Fun Bike melebihi perkiraan panitia karena mencapai 400 orang.

"Olahraga sepeda tidak hanya menyehatkan tubuh tetapi bisa juga berdampak positif terhadap pariwisata dan mendatangkan ekonomi bagi masyarakat lokal yang berjualan," kata dia.

Ketua Panitia Fun Bike dan BUCC Biak Gunadi mengaku bangga karena tingginya animo masyarakat mengikuti lomba Fun Bike yang menyediakan beragam undian berhadiah, seperti sepeda motor, sepeda, dispenser air, dan kipas angin

"Kami juga mendukung program pariwisata daerah melalui rangkaian Fun Bike menuju Sail Teluk Cenderawasih 2023," kata dia.

Gunadi mengucapkan terima kasih kepada Bupati Herry Ario Naap, Wabup Calvin Mansnembra,panitia Sail Teluk Cenderawasih, para sponsor, pimpinan OPD sudah mendukung Fun Bike dan BUCC di Biak.

Menyinggung kegiatan BUCC Biak dengan menyediakan hadiah berupa medali dan uang tunai untuk pembinaan, kata dia, akan diikuti wisatawan dari berbagai daerah Jayapura, Manokwari dan Merauke di Tanah Papua dan atlet profesional dari kota lain di Pulau Jawa dan sekitarnya.

"Saat ini peserta sudah mendaftarkan untuk berlomba pada 10 Juni 2023 untuk memperebutkan hadiah uang 'cash' (tunai) mencapai total Rp94 juta," katanya.

Pada acara Fun Bike, hadiah utama berupa sepeda motor diraih Daniel. Penyerahannya langsung oleh Wabup Biak Calvin Mansbembra.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024