Jayapura (ANTARA) - Kontingen Pekan Nasional Kontak Tani Nelayan Andalan (Penas-KTNA) XVI Kabupaten Mappi, Papua Selatan, memamerkan kuliner unggulan daerah seperti cendol sagu dan jus lengkuas hutan dalam ajang yang akan berlangsung di Sumatera Barat pada 10-15 Juni 2023.

Sekretaris Daerah Kabupaten Mappi Ferdinandus Kainakaimu dalam keterangannya di Jayapura, Rabu, mengatakan peserta Penas-KTNA 2023 harus berkomitmen menjadi yang terbaik dari peserta yang telah mengikuti Penas-KTNA sebelumnya.

Selain cendol sagu dan jus lengkuas hutan, Kontingen Kabupaten Mappi juga akan memamerkan produk/komoditas unggulan lainnya.

Produk unggulan itu meliputi hasil olahan dari sagu yaitu kue sagu kering, kerupuk sagu, bakso sagu.

Selain itu dipamerkan minyak kelapa asli hasil olahan UMKM, abon ikan gastor, hasil olahan gelembung kakap cina dan noken kayu gaharu.

Sebanyak 27 peserta Kabupaten Mappi yang mengikuti ajang tersebut meliputi 16 orang peserta utama yakni para petani, nelayan dan penyuluh dan enam peserta pengganti serta lima orang peserta peninjau.

"Peserta Penas-KTNA harus mengikuti kegiatan tersebut dengan baik sehingga memperoleh bekal untuk diterapkan dan dikembangkan di Kabupaten Mappi," kata Ferdinandus.

Peserta Penas-KTNA 2023 Kabupaten Mappi telah dilepas oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Mappi Ferdinandus Kainakaimu pada Senin 5 Juni 2023.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mappi Antonius Letsoin mengatakan Penas-KTNA merupakan wadah untuk saling bertukar informasi, mencari pengalaman serta menjalin kemitraan di antara para petani, nelayan, penyuluh di seluruh Indonesia.

"Dengan tujuan bisa memberikan semangat dan tanggung jawab serta kemandirian sebagai upaya pembangunan daerah dalam bidang pertanian, perikanan dan kelautan," katanya.

Menurut Letsoin, Penas KTNA XVI yang diselenggarakan di Sumatera Barat selama lima hari itu akan dibuka langsung oleh Presiden RI Joko Widodo.


Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024