Jayawijaya (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayawijaya, Provinsi Papua Pegunungan mengajak masyarakat segera mengurus identitas diri seperti kartu tanda penduduk (KTP), kartu keluarga (KK) sebelum dibutuhkan. 

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Jayawijaya Kenius Tabuni di Wamena, Senin, mengatakan kebiasaan masyarakat yang terlihat adalah di saat identitas itu dibutuhkan baru mereka berbondong-bondong untuk mengurus.

"Jangan pada saat membutuhkan data itu baru datang mengurus," katanya.

Mengurus identitas diri di kantor dukcapil tidak lama jika berkas-berkas yang disampaikan pemohon lengkap.

"Data yang diurus itu juga tidak terlalu lama. Kalau pemohon masukkan berkas hari ini, selesai hari ini juga," katanya.

Staf dinas ini terus memotivasi masyarakat terkait pentingnya identitas diri, dan sosialisasi itu akan terus dilakukan agar seluruh masyarakat sadar.

"Kami mengharapkan seluruh masyarkat Jayawijaya datang mengurus, sebab sekarang itu bantuan apa saja dari pemerintah, syaratnya data idenditas diri. Jadi kalau ada yang tidak punya KK, KTP itu tidak dapat bantuan," katanya.

Kini pengurusan berbagai surat yang dikeluarkan dinas itu tidak memungut biaya sehingga masyarakat tidak perlu khwatir untuk datang dan mendapatkan pelayan gratis.

"Kalau pembiayaan itu tidak ada. Tidak ada pungutan sebab semua gratis dan kami siap melayani," katanya.

Dirinya membantah isu beredar yang menyebut pelayanan di kantor dukcapil tidak berjalan di saat hari kerja. Setiap hari kerja, pelayanan di sana mulai dibuka pukul 7:30 WIT hingga pukul 3:30 WIT.

Pewarta : Admin Portal/Marius
Editor : Editor Papua
Copyright © ANTARA 2024