Jayapura (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua melalui Dinas Pendidikan Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPPAD) setempat mengharapkan program perpustakaan keliling dapat meningkatkan minat baca dan membantu pola pikir anak di Bumi Cenderawasih.

Kabid Perpustakaan, Dinas Pendidikan Perpustakaan Dan Arsip Daerah Provinsi Papua Achamd Djalali di Jayapura, Selasa, mengatakan program perpustakaan keliling tersebut merupakan salah satu cara untuk mewujudkan Papua Cerdas.

“Dengan berkembangan teknologi sudah banyak beredar berita-berita bohong atau hoaks sehingga melalui membaca anak-anak bisa mendapatkan informasi yang akurat,” katanya.

Untuk itu pihaknya kini sedang menggiatkan minat baca karena anak-anak zaman sekarang lebih cenderung bermain gadget dari pada membaca buku.

“Sehingga dengan program ini kami dorong bagaimana bisa mengembalikan minat baca anak itu melalui buku-buku umum yang dapat merangsang daya pikir,” ujarnya.

Dia menjelaskan untuk kegiatan perpustakaan keliling kali ini pihaknya berkolaborasi bersama Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua yang merupakan satu kepedulian dalam meningkatkan minat baca anak-anak di Bumi Cenderawasih.

“Kami sangat memberikan apresiasi kepada Bank Indonesia yang ikut membantu pemerintah meningkatkan minat baca anak,” katanya.

Dia menambahkan untuk kolaborasi bersama Bank Indonesia akan dilakukan selama empat hari yang bertempat di Kota Jayapura, mulai dari pukul 09:00 WIT hingga 12:00 WIT

“Hari pertama di tempat pendaratan ikan Hamadi, hari kedua di Tanah Hitam, ketiga parkiran Sagu Indah Plaza dan keempat Pasar Youtefa. Kami juga menyasar di pusat-pusat keramaian agar semakin banyak anak-anak yang membaca,” ujarnya lagi.


Pewarta : Qadri Pratiwi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024