Jayapura (ANTARA) -
Tim SAR gabungan dari Nabire, Papua Pegunungan, berhasil melakukan evakuasi korban kecelakaan perahu motor perairan Pulau Pepaya dan Pulau Nuburi.

Perahu motor dinaiki sembilan pengajar atau guru itu mengalami kecelakaan dikarenakan cuaca yang buruk sehingga perahu tenggelam.
 
Kasat Polairud Polres Nabire AKP Wilston Rihard Latuasan dalam siaran pers di Jayapura, Jumat, mengatakan kejadian kecelakaan yang dialami para guru tersebut saat hendak mengantarkan rapot para siswa siswi seusai melaksanakan ujian.
 
"Namun, karena cuaca yang buruk sehingga perahu yang dinaiki sembilan guru tersebut tenggelam," ucapnya.

Menurut Wilston, untuk itu 9 guru tersebut dilakukan evakuasi dan dibawa ke tepian pantai.
 
"Setelah kami evakuasi dengan selamat kemudian dilakukan pemeriksaan kesehatan serta mengantar kembali para korban ke kediamannya masing-masing melalui jalur darat," ujarnya.
 
Dia menjelaskan hingga kini kondisi cuaca bisa dikatakan buruk, untuk itu pihaknya meminta untuk para nelayan dan masyarakat yang hendak melakukan penyeberangan melalui laut agar menunda atau lebih berhati-hati lagi.
 
"Terutama untuk para nelayan dengan tidak melakukan pelayaran dahulu agar menghindari adanya terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," katanya lagi.
 
Dia menambahkan pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat untuk melakukan penyeberangan melalui jalur laut sehingga dapat mengantisipasi adanya kejadian yang tidak diinginkan serta menghindari kecelakaan.

Sekadar diketahui, telah terjadi kecelakaan perahu motor mengakibatkan 9 orang guru tenggelam di perairan Pulau Pepaya dan Nuburi wilayah Nabire, Papua Tengah pada Kamis (15/6).

Pewarta : Qadri Pratiwi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024