Jayapura (ANTARA) - Sebanyak 506 orang warga Kabupaten Jayapura, Jumat mendatangi tempat pelaksanaan pengobatan secara gratis yang dilaksanakan dalam rangka HUT Bhayangkara ke 77.

Pengobatan gratis dipusatkan di lapangan BTN Kolam, Kampung Doyo Baru.

Kabid Dokkes Polda Papua Kombes Pol dr. Nariyana, M. Kes di Jayapura, Jumat mengatakan ratusan warga yang mendatangi gerai pengobatan gratis melibatkan dokter dari RS Bhayangkara dan paramedis.

Selama kegiatan berlangsung warga mendapat pelayanan berupa pemeriksaan tensi darah, pemeriksaan laboratorium sederhana (kolesterol, gula darah & asam urat), dan pemberian obat setelah konsultasi dengan dokter.

Selain pengobatan gratis, kata Kombes dr Nariyana, pihaknya juga melaksanakan aksi donor darah yang dipusatkan di halaman dermaga Polair Polda Papua.

Tercatat 100 kantong darah yang terkumpul dalam kegiatan tersebut.

Diakui, banyak anggota Polri yang tidak bisa mendonorkan darahnya karena saat pemeriksaan awal ternyata kondisi kesehatannya tidak memenuhi syarat.

Akibatnya target tidak dapat dipenuhi, dan kantong darah yang berhasil dikumpulkan itu sudah diserahkan ke PMI Kota Jayapura.

"Memang kantong darah yang didapat diserahkan ke PMI Kota Jayapura agar dapat diberikan kepada pasien yang membutuhkannya, " kata Kombes dr Nariyana.


 

Pewarta : Evarukdijati
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024