Jayapura (ANTARA) - Sebanyak 150 anak di Kota Jayapura, Papua mengikuti khitanan massal yang dilaksanakan dalam rangka HUT Bhayangkara ke-77.

Khitanan massal yang dipusatkan di RS Bhayangkara Kotaraja, Jayapura, Papua, Kamis, disaksikan Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri.

Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri seusai menyaksikan jalannya khitan atau sunat, menyatakan apresiasi makin banyaknya masyarakat yang sadar akan kesehatan anak sehingga banyak anak non muslim yang ikut di sunat.

Dari laporan yang diterima tercatat 19 anak asli Papua yang disunat.

"Masyarakat mulai menyadari pentingnya kesehatan sehingga anak-anaknya diikutkan dalam kegiatan khitanan massal termasuk yang dilaksanakan dalam rangka HUT Bhayangkara ke 77," kata Fakhiri.

Diakui, selain khitanan massal juga dilaksanakan beberapa kegiatan lain yang menyentuh masyarakat seperti pengobatan massal, donor darah dan pemberian vaksinasi COVID-19.

Puncak HUT Bhayangkara akan dipusatkan di halaman kantor Gubernuran Jayapura ditandai dengan panggung prajurit yang melibatkan UMKM di Jayapura.

"Memang selain upacara, malam harinya dilaksanakan hiburan dengan melibatkan UMKM, " kata Kapolda Irjen Pol Mathius Fakhiri.

Sementara itu Martha, warga Tanah Hitam, Distrik Abepura yang mendampingi anaknya di sunat mengaku memang sengaja meminta anaknya untuk di sunat karena itu baik bagi kesehatannya.

"Ini anak pertama saya yang disunat, " jelas Martha yang mengaku meminta anaknya disunat semata-mata untuk kesehatannya.

Pewarta : Evarukdijati
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024