Biak (ANTARA) - Dinas Pariwisata (Dispar)  Kabupaten Biak Numfor, Papua, akan berkoordinasi dengan dinas pekerjaan umum untuk  memperbaiki ruas jalan menuju kawasan daerah tujuan wisata  di daerah itu  untuk mendukung rangkaian Sail Teluk Cenderawasih (STC) 2023.

"Usulan masyarakat untuk perbaikan jalan di daerah tempat wisata akan menjadi perhatian Pemerintah Kabupaten Biak Numfor," kata Kepala Dinas Pariwisata Onny Dangeubun menanggapi usulan perbaikan jalan daerah wisata dialog publik RRI Biak, Sabtu.

Ia mengatakan, untuk perbaikan jalan lokasi DTS disesuaikan dengan status jalan apakah jalan nasional, jalan provinsi dan jalan kabupaten.

"Untuk jalan kabupaten sesuai kewenangan akan ditangani melalui Dinas Pekerjaan Umum," kata  Onny.

Sementara itu, warga Biak Melki mengusulkan untuk menghadapi Festival Biak Munara Wampasi, Kasumasa hingga menuju acara nasional Sail Teluk Cenderawasih pada November 2023 perlu dibenahi jalan rusak dan berlubang di kawasan tempat wisata.

Melki mengatakan, Biak akan menjadi tujuan wisata pada pelaksanaan Festival Biak Munara Wampasi pada Juli 2023 dan Sail Teluk Cenderawasih November 2023.

Ia berharap, jalan-jalan yang masih rusak ditemui di lokasi menuju kawasan wisata supaya direnovasi pemerintah melalui dinas terkait setempat.

"Ketika jalan bagus dilalui kendaraan saat menuju tempat STC 2023 guna memberikan kesan dan kenyamanan bagi wisatawan yang mengunjungi tempat wisata saat STC," katanya.

Berdasarkan data puncak STC 2023 akan dipusatkan di kawasan pantai dan pelabuhan eks Biak Mina Jaya Kampung Samau Distrik Biak Kota.

STC 2023 merupakan salah satu kegiatan guna percepatan pembangunan Provinsi Papua karena masuk dalam salah satu agenda dari Rencana Aksi INPRES Nomor 9 Tahun 2020, tentang Percepatan Pembangunan Kesejahteraan di Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat yang tertuang dalam Peraturan Menteri PPN / Kepala Bappenas Nomor 5 Tahun 2021.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024