Jayapura (ANTARA) -
Gubernur Papua Muhammad Ridwan Rumasukun berharap pemenang Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) XXVII di Kota Jayapura dapat menjadi juara nasional di Provinsi Jambi yang dilaksanakan pada Oktober 2023.
 
"Kehadiran perwakilan Papua dalam lomba STQ tingkat nasional sangat penting, karena dapat menginformasikan kepada seluruh masyarakat di Indonesia bahwa Papua memiliki keberagaman yang solid," katanya dalam siaran pers di Jayapura, Minggu.
 
Menurut Ridwan, bahwa STQ merupakan wahana untuk menumbuhkan semangat membaca dan mempelajari Alquran.
 
“STQ merupakan wahana untuk menumbuhkan semangat membaca dan mempelajari Alquran, sehingga Al Quran benar-benar dijadikan pedoman hidup dalam menghadapi derasnya pengaruh globalisasi dewasa ini bagi umat Islam, terutama bagi anak-anak dan generasi muda, penerus perjuangan bangsa,” ujarnya.
 
Dia menjelaskan orang tua harus memberikan pendidikan yang baik kepada anak-anak, terutama pendidikan budi pekerti dan akhlak serta pendidikan agama. Sehingga tumbuh dan berkembang sebagai generasi yang tangguh dan teguh imannya.
 
“Untuk mewujudkan harapan tersebut, obsesi besar yang harus dilakukan adalah melalui berbagai kegiatan yang ditempuh untuk percepatan penuntasan buta aksara Al Quran, seperti mendorong dan menggalakkan pengajian di tempat-tempat ibadah dan lain sebagainya,” katanya lagi.
 
Ridwan berharap STQ yang telah dilaksanakan hendaknya menjadi acuan untuk mempelajari kandungan Alquran, serta mengamalkan isi kandungannya di dalam kehidupan sehari-hari.
 
“Untuk yang juara semoga ditingkatkan lagi kemampuan dan prestasinya, dan bagi yang belum mendapat juara agar terus belajar sehingga dapat meningkatkan prestasinya ke depan" ujarnya.
 
Dia menambahkan terpenting adalah tumbuh kesadaran dan semangat untuk mempelajari kandungan Alquran, karena hakekat dari kegiatan ini adalah bagaimana kita mampu memahami, menghayati dan mengamalkan isi kandungannya di dalam kehidupan sehari-hari.
 
Selumnya, telah dilakukan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) XXVII Papua Tahun 2023 dari tanggal 18-24 Juni 2023, bertempat di Aula LPTQ Provinsi Papua, Kota Jayapura, Papua, Sabtu (24/6).
 
 
 
 
 
 

Pewarta : Qadri Pratiwi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024