Biak (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Biak Numfor, Papua melalui Dinas Pariwisata (Dispar) pada tahun 2022 telah membangun fasilitas objek wisata di pantai Yenyabo Kampung Sorido Distrik Biak Kota.

"Pantai Yenyabo Sorido menjadi salah satu destinasi wisata untuk dipersiapkan mendukung rangkaian acara menuju Sail Teluk Cenderawasih 2023," ujar Kepala Dinas Pariwisata Biak Onny Dangeubun di Biak, Sabtu.

Disebutkan Onny, pada tahun 2022 Pemkab Biak Numfor sudah melengkapi fasilitas objek wisata Pantai Yenyabo Sorido seperti penataan pantai, taman empat bermain.

Serta area parkir, toilet, rambu informasi evakuasi bencana hingga gedung layanan pusat informasi pariwisata.

"Sampai sekarang fasilitas objek wisata pantai Yenyabo Sorido yang telah dibangun pemerintah daerah pada tahun 2022 sudah dimanfaatkan pengelola tempat wisata melayani kunjungan wisatawan," kata Onny.

Sementara itu, Kepala Kampung Sorido Ronald Sroyer di Biak, mengaku fasilitas objek wisata Pantai Yenyabo Sorido telah dilengkapi termasuk gedung pusat informasi pariwisata.

"Objek wisata Pantai Yenyabo Sorido sudah miliki sarana prasarana pariwisata yang lengkap dan siap mendukung STC pada 1-7 November 2023," sebut Ronald.

Ia mengaku, pada Festival Biak Munara Wampasi 2023 Pantai Yenyabo dijadikan tempat lomba dayung tradisional.

"Selama dua hari Pantai Yenyabo Sorido menjadi tempat pertandingan lomba dayung tradisional," kata Ronald.

Ditegaskan Ronald, warga Kampung Sorido mendukung semua rangkaian kegiatan menuju Sail Teluk Cenderawasih 2023.

Berdasarkan data diperoleh ANTARA, Sabtu,pengelola objek wisata Pantai Yenyabo Sorido Biak memungut biaya masuk pengunjung sebesar Rp5.000/orang.

Sedangkan untuk biaya parkir kendaraan bermotor dibayar sukarela dari pengunjung objek wisata pantai Yenyabo Sorido.

 

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024