Biak (ANTARA) - Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Biak Numfor, Papua akan mengirim 32 peserta Raimuna Nasional (Rainas) XII Tahun 2023 yang diselenggarakan pada 14 - 21 Agustus 2023 di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka Cibubur Jakarta Timur.

"Raimuna Nasional 2023 sebagai ajang pertemuan Pramuka Pandega usia 16-25 Tahun dari seluruh Indonesia," ujar Pembina/Pelatih Andalan Kwarcab Gerakan Pramuka Biak Numfor Moses Wambrauw di Biak, Senin.

Moses mengatakan, kegiatan Rainas XII bertujuan untuk menjaga persatuan dan kesatuan serta merawat kelestarian budaya, meningkatkan kesadaran teknologi, pengembangan kualitas SDM.

"Rainas 2023 untuk memaksimalkan kebermanfaatan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega dalam lingkup pengabdian masyarakat," kata Moses.

Disebutkan Moses, untuk menyiapkan fisik dan mental peserta Rainas XII maka diberikan pembekalan pelatihan.

Tujuan gerakan Pramuka,menurut Moses, adalah wadah untuk mendidik dan membina generasi muda agar mereka menjadi manusia yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

"Serta Gerakan Pramuka memiliki kepribadian yang tangguh, terampil dan berpengetahuan, sehat dan kuat jasmani," sebut Moses.
Moses mengakui, pendidikan dalam gerakan Pramuka diselenggarakan di luar lingkungan sekolah dan keluarga.

"Gerakan Pramuka bertujuan untuk menanamkam keterampilan kecakapan hidup (life skill) kepada para peserta didiknya," harap Moses.

Moses mengatakan, kegiatan Raimuna Nasional XII sebagai wadah membentuk watak dan sikap kemandirian peserta dalam penghayatan dan pengamalan kode kehormatan Pramuka yaitu trisatya dan dasa darma.
 

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024