Biak (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Biak Numfor, Papua menggandeng Pangkalan Angkatan Udara (Lanud) Manuhua melatih 35 anggota pasukan pengibar bendera (paskibra) untuk upacara peringatan ke-78 Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di daerah itu pada 17 Agustus 2023.

"Anggota paskibra yang terpilih mengikuti latihan merupakan siswa siswi terbaik yang diseleksi dari SMA/SMK di Kabupaten Biak Numfor," ujar Ketua Panitia HUT Ke-78 Republik Indonesia (RI) Pemkab Biak Numfor George Krey setelah meninjau persiapan latihan paskibra di Lapangan Cenderawasih Biak di Biak, Selasa.

Dia mengatakan saat ini anggota paskibra di daerah itu tengah mengikuti latihan mental, fisik, baris-berbaris, aturan jamuan resmi, dan olahraga.

Latihan dilaksanakan rata-rata mulai dari pukul 08.00 WIT hingga siang hari dengan pelatih dari personel Lanud Manuhua Biak.

Hingga saat ini, kata dia, perkembangan latihan mereka sudah semakin baik dengan kemajuan, terutama baris-berbaris dan mengatur formasi.

Ia berharap, waktu latihan 30 hari yang disediakan dapat dimanfaatkan dengan baik supaya mereka senantiasa siap bertugas pada upacara peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI mendatang di daerah setempat.

Kepada anggota paskibra, George berpesan agar mengikuti pelatihan dengan serius serta memperhatikan instruksi pelatih.

"Sehingga mendapatkan hasil yang maksimal saat melaksanakan tugas pengibaran bendera pada Detik-Detik HUT Ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2023," katanya.

Di lokasi latihan paskibra di Lapangan Cenderawasih Biak, Selasa, pukul 13.00 WIT, tampak mereka yang kalangan siswa siswi SMA/SMK hasil seleksi tersebut, berjalan tegap dan sempurna saat mengikuti latihan yang dibimbing prajurit TNI Lanud Manuhua.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024