Biak (ANTARA) - Koordinator Staf Ahli (Kosahli) Kepala Staf Angkatan Darat Letjen TNI I Nyoman Cantiasa mengaku bangga atas pekerjaan fisik tujuh unit rumah TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-117 di Biak Numfor karena dikerjakan tukang bangunan dari prajurit TNI alumni Bintara TNI AD Otsus Papua.

"Progres pembangunan rumah TMMD di Biak sangat bagus. Saya terharu karena tukang bangunan rumah warga merupakan dua Bintara TNI SD Otsus Papua yang direkrut saat saya menjadi Pangdam XVIII/Kasuari," ujar Koorsahli Kasad Lerjen TNI I Nyoman Cantiasa selaku Ketua Tim Wasev TMMD di Biak, Papua, Kamis.

Diakui Letjen Nyoman, kehadiran program TMMD untuk membantu pemerintah daerah guna percepatan pembangunan penyelesaian proyek fisik tujuh rumah TMMD untuk warga Kampung Mokmer Distrik Biak Kota.

Dari hasil wawancara langsung dengan warga sebagai penerima manfaat rumah tipe 45, menurut Letjen Nyoman, tujuh kepala keluarga menyampaikan rasa syukur dan berterima kasih kepada pemerintah daerah dan TNI-Polri atas pelaksanaan program TMMD ke-117 di wilayah Kodim 1708/BN.

"Membangun rumah untuk penduduk melalui program TMMD sangat dibutuhkan warga untuk tempat tinggal yang layak huni," ujarnya.

Apalagi ketika mendengar satu rumah tinggal warga di Kampung Mokmer sebelum TMMD dikerjakan dihuni lima kepala keluarga, menurut dia, kondisi ini sangat memprihatinkan karena tidur dan beraktivitas bersama dengan rumah yang kecil.

"Puji syukur dengan program TMMD yang sedang berlangsung dengan sasaran utama proyek fisik bangun tujuh rumah bisa menjawab keinginan warga Kampung Mokmer mempunyai rumah tinggal yang sehat layak huni," ujar mantan Pangkogabwilhan III itu.

Dia meminta prajurit TNI/Polri, ASN dan masyarakat yang terlibat dalam program TMMD ke-117 di Kabupaten Biak Numfor untuk menjaga komunikasi yang konstruktif dan gotong royong supaya rumah yang sedang dikerjakan bisa selesai tepak waktu.

"Ajaklah warga kampung untuk ikut bersama-sama mengerjakan rumah TMMD supaya terjalin kemanunggalan TNI bersama rakyat," harap mantan Danjen Kopassus ini.

Tukang bangunan rumah TMMD Biak Serda Jhon  berjanji akan merampungkan pembangunan rumah TMMD ke-117 sesuai dengan waktu yang ditetapkan hingga 10 Agustus 2023.

"Saya optimistis rumah TMMD yang saya kerjakan bisa tuntas dan dapat dihuni warga penerima di Kampung Mokmer Distrik Biak Kota," katanya.

Ikut mendampingi Koorsahli meninjau pembangunan rumah TMMD ke-117 Kodim 1708/BN yakni Danrem 173B/PVB Brigjen FY Purba, Komandan Satgas TMMD Biak Letkol Inf Daniel J.Manalu, Wakapolres Kompol Muchsit Sefian dan Kepala Distrik Biak Kota Marthen Kafiar dan Staf Ahli Bupati Putu Wiadnyana.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024