Jayapura (ANTARA) - Tiga siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) dari Kota dan Kabupaten Jayapura, Papua mendapatkan beasiswa dari Universitas Prasetiya Mulya, Jakarta setelah dinyatakan lolos seleksi yang dilaksanakan oleh Kodam XVII/Cenderawasih.

Aster Kasdam XVII/Cenderawasih Kol Inf Muhammad Albar di Jayapura, Senin, mengatakan proses tahapan seleksi dilaksanakan sebanyak tiga kali di Jayapura yakni akademik, psikologis dan wawasan kebangsaan.

"Tahapan seleksi diikuti oleh 40 siswa dan tiga orang dinyatakan lulus untuk mendapatkan beasiswa dari Universitas Prasetiya Mulya," katanya.

Menurut Albar, program tersebut merupakan salah satu upaya yang dilakukan Kodam XVII/Cenderawasih bekerja sama dengan Universitas Prasetiya Mulya guna mencerdaskan kehidupan bangsa terutama anak Papua.

Dia menjelaskan ke tiga siswa tersebut yakni Alfons Murib siswa SMA Yayasan Pendidikan dan Persekolahan Katolik (YPPK) Asisi Sentani, Kabupaten Jayapura dan James Rumpaidus dari SMAN 5 Kota Jayapura serta Hendrik Dimara siswa SMAN 4 Kota Jayapura.

"Alfons Murib dan Hendrik Dimara akan mengambil strata I jurusan internasional bisnis law dan James Rumpaidus mengambil strata I jurusan internasional event," ujarnya.

Dia menambahkan biaya kuliah dan biaya hidup ke tiga siswa tersebut akan ditanggung oleh pihak universitas selama melaksanakan perkuliahan.

"Mereka akan berangkat ke Jakarta pada 25 Juli 2023," katanya lagi.

Sementara itu, Penjabat Sekretaris Daerah Kota Jayapura Robby Awi mengatakan pihaknya mengapresiasi Kodam XVII/Cenderawasih yang telah melakukan proses siswa di daerah itu guna mengikuti pendidikan di Universitas Prasetiya Mulya di Jakarta.

"Program ini sangat membantu pemerintah baik Kabupaten dan Kota Jayapura serta Provinsi Papua guna menjadikan anak-anak Papua yang cerdas," katanya.

Pihaknya berpesan kepada ke tiga siswa itu belajar dengan baik sehingga menjadi anak Papua yang terbaik agar berguna bagi bangsa dan negara.

Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024