Jayapura (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura, Papua  meningkatkan sumber daya manusia (SDM) yang unggul pada bidang pendidikan, guna mencetak generasi yang berkualitas dan berdaya saing di masa mendatang.

Penjabat Wali Kota Jayapura Frans Pekey di Jayapura, Senin, mengatakan saat ini infrastruktur pendidikan di daerah itu sudah cukup memadai sehingga pihaknya fokus untuk  meningkatkan kualitas SDM-nya.

"Guna meningkatkan SDM bidang pendidikan ini, kami terus menjalin kerja sama dengan berbagai perguruan tinggi dan juga sekolah yang ada di Indonesia seperti sekolah GenIUS (Generasi Indonesia Jaya Untuk Semua) di Serpong, Tangerang," katanya.

Selain itu, kata dia, Pemkot Jayapura juga telah menandatangani kerja sama dengan Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung terkait pendidikan dokter spesialis.

"Dan kami juga telah menjalin kerja sama dengan Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga (UKSW) Jawa Tengah terkait pengembangan teknologi informasi," ujarnya.

Dia menjelaskan,  akan mengirim sebanyak 10 siswa lulusan dari SMA dan SMK yang mempunyai kompetensi untuk melanjutkan studi di UKSW dengan harapan agar para siswa itu selesai bisa diangkat menjadi tenaga guru khusus untuk bidang teknologi informasi (TI).

Dia menambahkan, ke depan pihaknya berencana akan bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI terkait dokter gigi karena spesialis gigi masih kurang, khususnya pada 14 puskesmas di Kota Jayapura.

"Kami juga akan melakukan kerja sama dengan Universitas Hasanuddin dan Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) serta Universitas Udayana, Bali," katanya lagi.

Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024